Rabu, 19 Februari 2020

Pembentukan BUMDES Desa Pamijahan

Pembentukan BUMDES Desa Pamijahan

kabupatenbogor.com - Pembentukan BUMDES desa pamijahan kecamatan pamijahan kabupaten bogor. Kamis, 20/02/2020. Musyawarah yang di adakan Aula Desa
Badan usaha milik desa (atau diakronimkan menjadi Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan masyarakat desa setempat.

Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman, yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

Alokasi Dana Desa adalah dana yang dialokasikan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk desa, yang bersumber dari bagian dana perimbangan keuangan pusat dan daerah yang diterima oleh Kabupaten/Kota.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa selanjutnya disingkat APB Desa adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan desa yang dibahas dan disetujui bersama oleh Pemerintah Desa dan BPD, yang ditetapkan dengan Peraturan Desa.
Kepala desa pamijahan BPK. KUSNADI menyampaikan dan mengharap kepada siapapun yang menjadi ketua bumdes bisa membantu masyarakat dan pemerintah desa, Untuk menggali potensi yang ada dan menciptakan inovasi yang bisa membawa desa pamijahan terus berkembang di segala bidang.
Bpk. Deden Rahmanudin yang di sepakati menjadi Ketua BUMDES, menyampaikan visi dan misi dalam menjalankan BUMDES, Akan menjalankan BUMDES agar bisa menghasilkan profit yang lebih cepat, Unit kerja yang akan di laksanakan Wisata, Pertanian, Air Bersih, dll.

Reporter : Putra Jaya Sukma

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved