Kamis, 17 Februari 2022

Berinovasi Melalui Layanan Drive Thru Disdukcapil Kota Bogor Raih Penghargaan Dari Provinsi Jawa Barat

Berinovasi Melalui Layanan Drive Thru Disdukcapil Kota Bogor Raih Penghargaan Dari Provinsi Jawa Barat


Realita.co.id
, Kota Bogor - Baru-baru ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor mendapatkan penghargaan dari Disdukcapil Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan Senin (31/01/2022) lalu.

Provinsi Jawa Barat Apresiasi atas pembangunan percepatan layanan yang membahagiakan masyarakat, melalui penataan SOP dan Inovasi Drive Thru.

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Sujatmiko Baliarto.


Ditemui Awak Media Realita Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Mugi Lastono menyampaikan, "Sebenarnya untuk pelayanan efisiensi, cepat dan sudah kami lakukan sejak tahun lalu. Namun mungkin sosialisasi belum sampai ke masyarakat," Kamis (17/2/2022).

Dalam sesi wawancara ia (Mugi) menceritakan bahwa Drive Thru ini diluncurkan sejak November 2021 lalu, dan itu mendapatkan respon yang sangat luar biasa. Baik dari masyarakat dan juga pemerintah khususnya Pemprov Jawa Barat.

Saat ini, pelayanan drive thru dinilai lebih cepat. Hanya dalam hitungan menit. Sehingga tidak memakan waktu, mempermudah, dan aman secara protokol kesehatan (prokes), karena pemohon layanan tidak perlu turun.

Menurutnya bahwa Informasi yang berkembang berkaitan dengan layanan dukcapil yang masih simpang siur misalnya di RT RW informasi terkait layanan dukcapil itu biasanya masih berbeda ketika informasi ini didapat dari Kecamatan hingga di kelurahan seharusnya sama.

"Saat ini pun kami sudah mengubah 3 loket pelayanan menjadi satu pintu, jadi misalkan ada yang sedang urus KTP berikut akte lahir tidak perlu mondar-mandir lagi cukup di loket tersebut langsung bisa diproses" Ujarnya Mugi Laksono.


Ia pun menambahkan terkait adanya layanan khusus untuk disabilitas, kita siapkan petugas berikut sudah ada kursi roda agar memberikan kenyamanan bagi mereka para penyandang disabilitas.

"Selain itu kami sudah menyediakan layanan pengaduan yang diberi nama POJOK ADUAN, KELUHAN DAN KONSULTASI," Tutup Mugi


Editor : A Wijaya

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved