Senin, 07 Februari 2022

Puskesmas Tanah Merah Giat ANC Terpadu Kelas Ibu Hamil Di Desa Jangkar

Puskesmas Tanah Merah Giat ANC Terpadu Kelas Ibu Hamil Di Desa Jangkar



Realita.co.id - Bangkalan - Puskesmas sebagai sarana penunjang di tingkat Kecamatan dibidang kesehatan serta pada tingkat dasar, juga wujud sarana pendukung guna membantu masyarakat dalam penanganan Medis untuk membantu kesehatan masyarakat.

Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator dalam penilaian keberhasilan program pembangunan dan pelayananan kesehatan.

Demikian salah satu upaya solusi efektif Puskesmas Tanah Merah dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) adalah dengan cara meningkatkan pertolongan persalinan yang dilakukan oleh tenaga medis terlatih yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

"Begitupun Pemeriksaan ANC (Antenatal Care) merupakan pemeriksaan kehamilan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental pada ibu hamil secara optimal, hingga mampu menghadapi masa persalinan, nifas, menghadapi persiapan pemberian ASI secara eksklusif, serta kembalinya kesehatan alat reproduksi dengan wajar". (Baca_Refrensi).

Kepala Puskesmas (Kapus) Tanah Merah Hanafi, menuturkan,

"Secara umum ANC terpadu bertujuan memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas. Sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat". Tutur Hanafi. Selasa, (08/02/2022).

Lanjut Kapus Tanah Merah "ANC Terpadu Puskesmas Tanah Merah juga bertujuan mengurangi AKI dan AKB, untuk mencakup 23 Desa yang ada di Kecamatan Tanah Merah, dan hari ini pelaksanaan ANC atau pemeriksaan Kehamilan atau Kelas Ibu Hamil digelar di Desa Jengkar Kec. Tanah Merah Kab. Bangkalan". Ujarnya.

Lanjut Kapus Tanah Merah, "Untuk meningkatkan cakupan pemeriksaan kehamilan dengan lengkap, Puskesmas Tanah Merah berinisiasi jemput bola ke Desa-desa dan bekerjasama dengan beberapa program terkait seperti KIA, Laboratorium, KB, Gizi, Olahraga dan Dokter umum". Tambahnya.

Selain itu, "Dengan adanya ANC terpadu masyarakat lebih mudah memeriksakan kehamilan, cek laboratorium dan konsultasi dengan dokter langsung". Pungkasnya.


Reporter: Sanusi
Editor: Iwan

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved