Rabu, 30 Maret 2022

Dengan Semangat Tinggi, Siswa Diktaifib Angkatan XLVIII Berlatih Fast Rope

Dengan Semangat Tinggi, Siswa Diktaifib Angkatan XLVIII Berlatih Fast Rope



Realita.co.id - Banyuwangi - Sebanyak 46 siswa pendidikan Intai Amfibi (Diktaifib) Angkatan XLVIII Sekolah Khusus Marinir (Sesusmar) Kodikmar melaksanakan latihan Fast Rope yang melibatkan satu Heli Bell 412  nomor lambung HU 4201 milik Skuadron 400 Wing Udara-2 Puspenerbal dengan pilot Mayor Laut (P) Hadi Priyono dan Copilot Kapten Laut (P) Ario Letto di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Lampon, Banyuwangi. Rabu (30/03/2022). 

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Sekolah Khusus Marinir (Dansesusmar)  Letkol Marinir Mintarjo S.H., MTr. Opsla menyampaikan bahwa fast-roping  atau yang biasa dikenal sebagai Fast Rope Insertion Extraction System ( FRIES ), adalah teknik untuk menuruni tali yang tebal dengan kegunaan untuk mengerahkan pasukan dari helikopter ke tempat-tempat di mana helikopter itu sendiri tidak dapat mendarat. 

Lebih lanjut Dansesusmar menjelaskan bahwa tujuan dan sasaran dari latihan ini adalah agar siswa dapat memahami serta mampu melaksanakan  teknik fast rope dengan baik dan benar serta mengerti penggunaan teknik fast rope saat diterjunkan ke medan tugas sebenarnya. Selain itu latihan ini juga implementasi kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. 

"Disiplin lapangan dan keamanan di atas segala-galanya, awali dan akhiri setiap kegiatan dengan doa karena latihan itu dikatakan berhasil apabila berjalan dengan aman, lancar dan  zero accident, perhatikan dan patuhi semua prosedur latihan yang berlaku," tegasnya.


Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved