Rabu, 09 Maret 2022

Kodiklatal Peringati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M

Kodiklatal Peringati  Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M



Surabaya, 9 Maret 2022,-- Ratusan Prajurit, Aparatur Sipil Negara (ASN), Siswa dan Pengurus  Jalasenastri Gabungan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M yang dipusatkan di Gedung Moeljadi Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu, (9/3).

Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang menghadirkan penceramah  Ustaz Dr. Kh. Ahmad Muzakky Al-Hafidz, M.A., dihadiri  Komandan Kodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono dan para pejabat Utama Kodiklatal, Direktur Kodiklatal dan Komandan Kodik serta Ketua Gabungan Jalasenastri  Kodiklatal Ny. Etta Suhartono.

Dankodiklatal dalam sambutanya menyampaikan bahwa peringatan Isra Mi’raj yang dilaksankan secara sederhana ini, tidak  hanya  bersifat  seremonial  belaka,  namun kegiatan    ini   memiliki  arti  penting  untuk  menanamkan keimanan  dan  ketakwaan   kepada prajurit, ASN  dan siswa   Kodiklatal   kepada  sang   pencipta   Allah   SWT. Untuk itu, Dankodiklatal mengajak para prajurit, ASN dan Siswa  untuk mengikuti dengan penuh perhatian agar mampu memahami makna siraman rohani  ini,  sehingga  bisa  mengambil  hikmah Isra Mi’raj dalam praktek kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut dikatakan Dankodiklatal bahwa momen Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, diharapkan bisa mengingatkan kita semua agar disiplin dalam melaksanakan shalat lima waktu, karena perintah kewajiban shalat disampaikan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam  perjalanan  Isra   Mi’ra.  

Sementara itu, Ustaz  Dr. Kh. Ahmad Muzakky Al-Hafidz, M.A., dalam tauziahnya  tentang   ‘hikmah  peringatan  Isra  Mi’raj Nabi  Muhammad  SAW dalam kehidupan  prajurit”  menyampaikan bahwa Isra Miraj merupakan  perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem, hingga dinaikkan ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Peristiwa Isra Miraj merupakan suatu perjalanan spiritual yang diberikan oleh Allah SWT kepada Muhammad SAW.

Peristiwa Isra  Mi’raj  merupakan titik penting, Ketika Nabi Muhammad  SAW mencapai Sidratul Muntaha, mendapatkan perintah untuk mengerjakan salat wajib lima waktu. sehingga sejak saat itulah umat Islam wajib menjalankan salat lima waktu dalam sehari.

Menurut ustaz  yang merupakan Imam Besar masjid Al Akbar Surabaya ini bahwa memaknai peristiwa Isra  Mi’raj   bagi umat islam pada hakekatnya ada tiga  yakni,  membagun akidah  yang kuat, beribadah yang sempurna dan membentuk aklak yang karimah (karakter).

Menurutnya peristiwa tersebut bersifat perjalanan spritual, sehingga akal fikiran manusia tidak menjangkau, dimana Nabi Muhamad SAW menghadap kepada Allah SWT, sehinga  pada hakekatnya bahwa tujuan perjalan hidup setiap orang akan menghadap  Sang Pencipta Allah SWT. Sholat merupakan bentuk kita menghadap kepada Sang pencipta alam semesta Allah SWT, untuk itu dalam menjalankan ibadah sholat  harus mempersiapkan lahir maupun batin. Untuk persiapan batin saat sholat harus khusuk dengan menghilangkan kepentingan dunia, tahta dan  harta . Kesiapan lainya adalah kesiapan Lahir, dalam sholat harus membersihkan diri dari hadast dan najis melalui mandi, wudhu. 

Peringatan  Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022 M ini merupakan bagian atau cara  meningkatkan keimanan para prajurit TNI AL kepada Allah SWT dan membangun karakter aklak yang kharimah  yang muaranya akan terbentuk insan-insan prajurit yang berkuatitas. Hal ini sesuai dengan harapan Kepala Staf Angakatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam programnya yakni membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.


Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved