Selasa, 08 Maret 2022

Puslatmar Kodiklatal Selenggarakan Latihan Raid Amfibi

Puslatmar Kodiklatal Selenggarakan Latihan Raid Amfibi



Surabaya, 9 Maret 2022,-- Dalam rangka meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI  Angkatan Laut (Kodiklatal), Pusat Latihan Marinir (Puslatmar) Kodiklatal menyelenggarakan Latihan Operasi Matra Laut (Latopsmatla)  TA 2022 dengan materi Raid Amfibi  yang dibuka Pasops Puslatmar Letkol Marinir Deddy Soeparwanto yang juga sebagai Pejabat Sementera (Pjs) Komandan Puslatmar , Rabu, (9/3).

Pembukaan Latihan dengan Danup Kapten Marinir Losmana S tersebut dilaksanakan di D’ Trisula Park and Lounge Puslatmar Kodiklatal, diikuti 87 personel Kodiklatal dengan rincian Kodikopsla 12 orang, Kodikdukum 12 orang, Kodikmar  12 orang, Puslatdiksarmil 10 orang, Puslatlekdalsen  5 orang, Puslatopsla  5 orang, Puslatmar  26 orang, Denmako 5 orangg. Rencana latihan dilaksanakan selama 2 minggu sampai tanggal 18 Maret.

Dalam sambutanya Pjs Danpuslatmar  Letkol Marinir Deddy Soeparwanto menyampaikan bahwa latihan raid amfibi bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Kodiklatal sebagai prajurit matra laut yang disiapkan untuk menghadapi situasi pada saat penugasan serta meningkatkan pengetahuan dan penguasaan prajurit tentang raid amfibi yang merupakan bekal sebagai pengawak organisasi Kodiklatal. Semua itu akan dapat dicapai apabila proses pembinaan dan tahap latihan yang diprogramkan benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Menurut Pasops Puslatmar bahwa dalam membentuk prajurit matra laut yang handal dan profesional diperlukan  sosok-sosok seperti,  pelatih, pembimbing dan instruktur yang mumpuni dari segi akademik,  fisik dan mental, sehingga dapat memberikan suri tauladan kepada prajurit yang di didik dan di latih. 

Kepada penyelenggara latihan, Pasops Puslatmar berharap supaya melaksanakan tugasnya dengan baik, denga pengawasan dan pengendalian secara terukur sesuai dengan rencana latihan yang telah ditetapkan.  Selain itu agar menciptakan suasana latihan yang kondusif, kreatif, interaktif dan dinamis sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan peserta latihan secara maksimal. Selain itu juga menekankan agar selama pelaksanaan latihan tetap berpedoman pada protokol kesehatan selama pandemi covid-19 dengan gunakan masker serta menjaga jarak selama latihan berlangsung.

Sedangkan kepada peserta latihan, Irups berharap agar mempersiapkan diri dengan baik, sehingga peserta dapat mengikuti semua materi latihan secara maksimal, harapan lainya selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa diberikan  perlindungan selama mengikuti latihan. 

Kegiatan Latopsmatla  TA 2022 materi Raid Amfibi  ini merupakan tindak lanjut dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul, profesional serta tangguh.


Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved