Kamis, 10 Maret 2022

Viral ! Oknum Kepala Sekolah Negeri Di Tanggamus Gunakan Dana BOS Untuk Perkaya Diri, Ini Rincian Nominalnya

Viral ! Oknum Kepala Sekolah Negeri Di Tanggamus Gunakan Dana BOS Untuk Perkaya Diri, Ini Rincian Nominalnya





Realita.co.id - Tanggamus - Kuat dugaan anggaran Bos sejak tahun -2020 -2021-2022 di SMA Negeri 1 Talang Padang tersebut, setiap pencairan dana yang dikucurkan pemerintah pusat ke sekolah melalui Bank, setiap tiga bulan berjalan, hanya untuk memperkaya diri sendiri oknum Kepala Sekolah maupun kelompok serta golongan tertentu saja.

Pasalnya berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber bahwa oknum Kepsek SMA Negeri 1 tersebut sangat tertutup dalam pengelolaan dana Bos.
"Dan kami yakin, kuat dugaan dalam setiap item penggunaan anggaran Bos, oknum kepala sekolah melalui melalui bendahara sekolah banyak melakukan manipulasi kwitansi, banyak digelembung atau banyak kejanggalan.

Kemudian masih menurut informasi Di Dalam, program kegiatan dana Bos dan realisasi anggaran Bos, pihak sekolah SMA Negeri 1 talang Padang, tidak pernah menempelkan SPJ dipapan informasi sekolah, padahal salah satu bentuk transparan terhadap publik dalam pengelolaan anggaran Bos, semestinya program maupun realisasi anggaran harus ditempelkan di papan informasi, supaya pihak guru maupun Komite Sekolah mengetahui semua kegiatan.

“Malahan banyak kalangan menuding bahwa penggunaan dana Bos SMA Negeri 1 Talang Padang selain tertutup, juga tidak sesuai dengan juklak dan juknis  dana Bos,

Padahal, kata sumber tadi, tujuan khusus dalam menggunakan anggaran Bos pada jenjang pendidikan menengah atas, seharusnya anggaran itu untuk membantu biaya operasional sekolah non personalia.

Kemudian dana Bos tersebut untuk meningkatkan angka partisipasi kasar (APK), serta mengurangi angka anak putus sekolah untuk mewujudkan keberpihakan pemerintah (afirmative action) bagi siswa miskin membebaskan  (fee waive) atau membantu tagihan biaya sekolah.

“Kami meminta kepada pihak berwenang untuk bisa melakukan penyelidikan terhadap penggunaan dana Bos di SMA Negeri 1 Talang Padang, dan memanggil bendahara sekolah serta memeriksa rekening bank sekolah, supaya jelas terlihat aliran dana Bos yang disinyalir sangat tertutup,”harapnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui kementerian pendidikan Nasional APBN telah mengucurkan anggaran setiap tahun dengan satuan biaya untuk perhitungan besarnya dana Bos yang diberikan Pemerintah pusat kepada sekolah SMA sebesar Rp.1.400.000 per siswa setiap tahun berjalan. 

Tim AJOI

Redaktur We'i

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved