Selasa, 05 April 2022

Dankodikmar Buka Lattek Dikko Taruna AAL Angk 69 Dan Siswa Dikmata XLI/1 TA 2021

Dankodikmar Buka Lattek Dikko Taruna AAL Angk 69 Dan Siswa Dikmata XLI/1 TA 2021



Realita.co.id - Situbondo,- Sebanyak 25 Taruna AAL Korps Marinir Tingkat II Angkatan 69 dan 249 siswa Dikmata XLI/1 tahap sargolan kejuruan Infanteri TA. 2021 mengikuti latihan praktek (Lattek) pendidikan komando (Dikko) dengan inspektur upacara (Irup) Komandan Komando Pendidikan Marinir (Dankodikmar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Ili Dasili, dan komandan upacara Mayor Marinir Nofry George Kaloh, M.Tr.Opsla (Dansetaif Pusdikif Kodikmar) yang dihadiri oleh para pelatih, pendukung serta siswa Komando yang bertempat di lapangan Puslatpur Marinir- 5 Baluran, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo. Selasa (05/04/2022). 

Dalam amanatnya, Dankodikmar menyampaikan bahwa Lattek Dikko yang akan dilaksanakan selama 77 hari tersebut merupakan latihan khusus karena di dalamnya memuat beraneka ragam materi baik teori praktis maupun keterampilan, mulai dari keterampilan perorangan sampai dengan taktik satuan kecil, yang kesemuanya itu merupakan ilmu dasar bagi prajurit Komando dan hal ini juga merupakan implikasi kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman. 

Lebih lanjut Dankodikmar mengatakan bahwa dalam Lattek Dikko yang akan dilaksanakan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap dasar komando, tahap laut, tahap hutan, teknik dan taktik perang gerilya dan lawan gerilya lalu diakhiri dengan tahap lintas medan. 

"Semua ini bertujuan untuk menempa menjadi prajurit Komando yang tangguh,  dan pada akhirnya latihan ini akan menjadi tolok ukur kepantasan seluruh siswa untuk menjadi  prajurit Korps baret ungu," tegas Komandan. 

Mengakhiri sambutan, Dankodikmar berpesan bahwa walaupun saat ini masih terjadi wabah Covid-19 namun Lattek Dikko tetap dilaksanakan sebagai bekal awal penugasan sebagai prajurit laut yang mampu bertempur di darat. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadepmar AAL, Danpusdikif Kodikmar, Kadep opsdik Kodikmar, Danlanal Banyuwangi, Dan PLP 5 Baluran Karangtekok, Kapolsek Banyuputih, Danramil Banyuputih dan Pasops PLP 5 Baluran.


Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved