Selasa, 26 April 2022

Dankodikopsla Sumpah Pewira Penyidik TNI AL dan Tutup Lattek Oyu Opskamla

Dankodikopsla Sumpah Pewira Penyidik TNI AL dan  Tutup Lattek Oyu Opskamla



Realita.co.id - Surabaya, 26 April 2022,-- Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksamana Pertama TNI Oc. Budi Susanto menyumpah Perwira Penyidik TNI AL sekaligus menutup Latihan Praktek (Lattek) Geladi Posko Olah Yudha Operasi Keamanan Laut (Oyu Opskamla) Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan XXXI TA 2022 di gedung Betelgeuse Pusdiklapa Kodiklatal, Selasa (26/4).

Dankodikopsla Kodiklatal mengatakan bahwa poin utama dalam pelaksanaan Lattek Oyu Opskamla adalah supaya  para Pasis mampu memahami peraturan perundang-undangan dan penerapannya pada suatu tindak pidana tertentu di laut. Serta mampu melaksanakan simulasi mekanisme proses penyelesaian berbagai bentuk tindak pidana tertentu di laut oleh KRI dan Pangkalan .

Ditambahkan Dankodikopsla bahwa meskipun waktu yang relatif singkat, namun para Pasis mampu menghasilkan produk hasil latihan praktek Geladi Posko Oyu Opskamla sebagimana yang diharapkan lembaga. “Para pasis telah menunjukkan suatu kerja keras, pantang menyerah dan mendahulukan kewajiban daripada kepentingan sendiri, “ ujar Dankodikopsla

Sementara itu,  terkait penyumpahan sebagai Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu Di Laut, Dankodikopsla mengingatkan seluruh Pasis bahwa sumpah yang mereka ucapkan adalah ikrar suci kepada Tuhan YME. “Karena itu jika suatu saat nanti kalian bertindak sebagai penyidik tindak pidana tertentu di laut, maka kalian harus menjunjung tinggi sumpah dengan cara melaksanakan penyelidikan, penyidikan dan membuat berita acara sesuai aturan hukum yang berlaku tanpa pamrih,” tandas Laksma Oc. Budi Susanto.

Upacara penutupan Lattek Oyu Opskamla dan Penyumpahan sebagai Penyidik TNI AL ini yang diiikuti 47 Pasis ini  dihadiri antara lain,  Komandan Sekolah Lanjutan Perwira (Danselapa)  dan Komandan Sekolah Fungsi (Dansefung) Pusdiklapa,  serta  penasihat, penilai dan wasdal dalam Lattek.

Lattek Gladi Posko Oyu Opskamla ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusis (SDM)  TNI AL supaya menjadi unggul dan profesional sesuai dengan harapan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang tertuang dalam program prioritas Kasal.
 

Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved