Senin, 30 Mei 2022

Kodiklatal Dipercaya Latih Anggota Komcad TNI AL

Kodiklatal  Dipercaya Latih Anggota Komcad TNI AL



Realita.co.id - Surabaya, 30 Mei 2022, - Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), melalui Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) dipercaya sebagai kawah candradimuka bagi anggota komponen cadangan TNI AL, untuk mengenal dan berlatih dasar-dasar kemiliteran. Hal ini diungkap saat pembukaan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan TA 2022, di Lapangan Ewa Pangalila Kodikmar Surabaya pada Senin (30/5).

Acara pembukaan Latsarmil Komcad TA 2022 ini dipimpin Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono. Tercatat 487 anggota Komcad Matra Laut mengikuti pelatihan latsarmil, dan sebagian besar  berasal dari Surabaya. Ikut hadir mengikuti acara ini antara lain, Aspers Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Sesditjen Pothan Kemhan Laksma  TNI Sri Yanto,  Komandan Lantamal V Laksma TNI Yoos Suryono Hadi, serta para Direktur Kodiklatal.

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Dankodiklatal, Menhan RI Prabowo Subianto menjelaskan bahwa salah satu strategi pertahanan negara dan bangsa yang saat ini dilaksanakan oleh Indonesia dalam menghadapi perkembangan dinamika lingkungan strategis adalah strategi Sistem Pertahanan Dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata), yang melibatkan pengelolaan seluruh sumber daya nasional.

“Hal tersebut tentu dilandasi oleh penanaman nilai-nilai kesadaran bela negara disertai pembangunan kekuatan TNI beserta alutsistanya sebagai komponen utama pertahanan negara,” jelas Letjen Marinir Suhartono mengutip amanat Menhan RI.

Kepada seluruh anggota komcad yang berhasil masuk seleksi, Menteri Prabowo menekankan agar mereka dapat menyerap  dan mengikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih.  Kurikulum latsarmil komponen cadangan terdiri atas bidang sikap dan perilaku, bidang pengetahuan dan keterampilan, serta bidang jasmani selama tiga bulan kedepan. Sementara kurikulum yang diberikan kepada peserta Latsarmil Komcad TNI AL antara lain Dasar-Dasar Kemiliteran, Permildas, PBB, Bela Diri Militer,  Menembak,  Ilmu Kepemimpinan, dan Ilmu Medan.


Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved