Senin, 30 Mei 2022

Kodiklatal Gelar Latihan Operasi Dukungan Tahun 2022

Kodiklatal  Gelar Latihan Operasi Dukungan Tahun 2022



Realita.co.id - Surabaya, 30 Mei 2022,-- TNI Angkatan Laut melalui Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan  Latihan TNI AL (Kodiklatal), menggelar Latopsduk atau Latihan Operasi Dukungan gelombang I TA 2022. Latihan yang dilaksanakan di Auditorium  Gedung  JOPR Kodiklatal Surabaya itu, dibuka oleh Wadan Kodiklatal Laksamana Muda  TNI Agus Hariadi mewakili Komandan Kodiklatal, Letnan Jenderal  TNI (Mar) Suhartono, pada Senin (30/5).

Dalam sambutan tertulisnya Komandan Kodiklatal  menjelaskan bahwa Latopsduk ini merupakan latihan TNI AL yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel TNI AL dalam pelaksanaan operasi dukungan Intelijen, Informasi, dan Psikologi  guna mendukung  tugas pokok Kogab TNI.

“Pelaksanaan operasi dukungan dapat berhasil  apabila proses pengambilan keputusan militer mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran dilaksanakan dengan cermat sesuai doktrin yang ada,” ujar Laksda TNI Agus Hariadi mengutip amanat Komandan Kodiklatal.

Pada kesempatan ini, Komandan Kodiklatal  menekankan agar para pelaku latihan Latopsduk Gelombang I , dapat menguasai  serta mahir melaksanakan mekanisme PPKM (Proses Pengambilan Keputusan  Militer), pada penyusunan rencana operasi dari tiap-tiap satgas sehingga terwujud kesamaan pola pikir, pola tindak serta persepsi yang sama bagi para pelaku untuk dapat menghasilkan produk latihan yang dapat diaplikasikan dengan baik dalam penugasan.

Komandan Kodiklatal menambahkan bahwa melalui latihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan pemahaman dan keterampilan serta menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para pelaku latihan sesuai dengan bidang operasi masing masing. 

Latopsduk gelombang I TA 2022 menurut jadwal akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Mei hingga 16 Juni 2022, yang terbagi dalam tiga tahap yakni Tahap E-Gladi Posko, Tahap Manuver Lapangan yangakan digelar di Jawa Timur dan sekitarnya, serta Tahap Kaji Ulang. Sementara untuk peserta latihan melibatkan kotama-kotama TNI AL wialyah Surabaya dan Mabesal sebanyak kurang lebih 380 personel.


Iwan/Red

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved