Minggu, 26 Juni 2022

Dandim 0621/Kab.Bogor Dampingi Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Banjir di Purasari Leuwiliang

Dandim 0621/Kab.Bogor Dampingi Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Banjir di Purasari Leuwiliang


Realita.co.id
, Bogor, Komandan Kodim 0621/Kab.Bogor Letkol Kav Gan Gan Rusgandara S.Hub.Int pagi tadi mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengunjungi lokasi bencana alam banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor, Minggu (26/6).

Hujan yang turun terus menerus dengan intensitas dan volume yang cukup tinggi disinyalir yang mengakibatkan banjir dan longsor terjadi di beberapa titik di wilayah sekitar. ada tiga faktor utama penyebab banjir dan longsor yang paling banyak disoroti, yaitu berkurangnya tutupan pohon, cuaca ekstrem, dan kondisi topografis Daerah Aliran Sungai (DAS), hal itu yang kemungkinan yang mengakibatkan bencana alam terjadi di wilayah tersebut. keterangan tersebut disampaikan oleh Dandim kepada awak media.

Terkait bencana alam kali ini, tentunya ia bersama forkopimda akan bertindak cepat dalam memberikan pertolongan atau bantuan, misalnya bantuan relokasi, bantuan kebutuhan pokok, bantuan peralatan darurat, perbaikan fisik, bimbingan konseling rohani dan moral, bantuan tim penolong, bantuan pengamanan, bantuan kesehatan dan lain sebagainya, akan tetapi hal tersebut tentunya harus dengan skema yang tepat. Namun untuk sementara tindakan yang akan dilakukan yaitu relokasi bagi warga masyarakat yang terdampak.

Bagi warga yang kehilangan tempat tinggal atau yang tidak memungkinkan tinggal di rumahnya, perlu diberi tempat tinggal sementara yang layak, yang sekiranya berada di lokasi yang aman, tentunya hal tersebut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga yang sedang mengalami musibah.

"Kedepannya kami juga akan melakukan komunikasi dengan masyarakat setempat terkait relokasi ini, dikarenakan untuk memindahkan tempat tinggal juga harus menangani masalah sosial bukan hanya masalah teknis saja di mana salah satu syaratnya lokasinya harus aman dari risiko bencana." Ujar Dandim.

Gubernur Jawa barat yang meninjau kondisi para pengungsi korban terdampak banjir dan longsor menyampaikan beberapa hal terkait penanganan bencana ini, dan salah satunya gubernur memberikan bantuan sebesar 500 juta dari Pemprov Jabar, yang dapat digunakan sebagai langkah utama penanggulangan musibah ini. Dan terkait kunjungan serta bantuan dari gubernur Dandim sangat mengapresiasi, bahkan Dandim juga mengucapkan terima kasih kepada gubernur Jawa barat yang sudah datang langsung ke lokasi banjir untuk meninjau situasi dan kondisi lokasi pasca kejadian. Menurutnya bawa perhatian dari gubernur Jawa barat merupakan salah satu kepedulian gubernur kepada warga masyarakat.

" Koordinasi antar instansi dalam penanganan bencana harus ditingkatkan dalam rangka pemulihan pasca bencana agar bisa berjalan sesuai dengan yang direncanakan."pungkasnya.(Hera)

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved