Jumat, 10 Juni 2022

Intip Latihan Perembesan Siswa Satdik-2 Kodiklatal

Intip Latihan Perembesan Siswa Satdik-2 Kodiklatal


Realita.co.id
, Surabaya, Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba), dan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-42 tahun 2022 yang sedang menempuh pendidikan di Satuan Pendidikan atau Satdik-2 Kodiklatal di Makassar, melaksanakan Latihan Praktek Perembesan atau Infiltrasi Course di Lapangan Tembak Lanraki , Makassar.

Latihan yang dilaksanakan pada Senin (6/6/2022) tersebut berlangsung mendebarkan. Pasalnya untuk mendekati sasaran, para siswa secara beregu harus mampu melewati lintasan panjang yang penuh rintangan berupa kawat berduri dengan cara merayap. Mereka pun merayap dibawah rentetan tembakan senjata amunisi dengan sesekali dentuman ledakan TNT.

Latihan Infiltrasi Course atau Perembasan adalah salah satu bentuk latihan militer yang bertujuan melatih keterampilan, dan ketangkasan prajurit untuk mendekati sasaran dengan melewati desingan tembakan senjata amunisi tajam. 

“Latihan ini bertujuan untuk membekali dan melatih siswa agar dapat, mampu dan memiliki kemampuan tempur, keterampilan serta kecakapan sebagai prajurit matra laut. Sehingga nantinya para prajurit siap melaksanakan tugas di medan sebenarnya, pada saat melaksanakan tugas operasi,” jelas Komandan Satdik-2 Makassar, Kolonel Laut (P) Teddy Barata yang hadir langsung meninjau pelaksanaan lattek.

Dansatdik-2 Makassar menambahkan, Lattek Siswa Dikmaba dan Dikmata tersebut diselenggarakan dalam rangka membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul, profesional, serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman sesuai dengan Program Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yang selalu ditekankan oleh Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono kepada seluruh jajaran Kodiklatal.

Adapun materi yang dipraktekkan, selain perembesan adalah menembak senjata laras panjang SS-1, menembak pistol, meluncur dari ketinggian, naik turun jaring meniti dan merayap tali, Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP), Jurit tangkas dan Jurit Malam. Selain itu para siswa juga melaksanakan praktek Lempar Granat, Teknik Tempur Dasar, Pioner dan Jungle Survival, Kompas Siang dan Malam dan dikhiri dengan Lintas Medan.

Demikian Berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved