Jumat, 24 Juni 2022

Mengajarkan Masyarakat Dengan Menulis & Mengetahui Apa Itu 5 W + 1 H, Serta Mengajarkan Masyarakat Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Mengajarkan Masyarakat Dengan Menulis & Mengetahui Apa Itu 5 W + 1 H, Serta Mengajarkan Masyarakat Tentang Keterbukaan Informasi Publik


Bersahabat lah Dengan INSAN Wartawan/Pers/Media/ Jurnalis karena didalamnya banyak sekali informasi dan itu sangat penting untuk Seluruh Masyakarat Luas atau Publik. Maka dekatilah, bersahabatlah, dan bertemanlah Pada Insan Pers / Jurnalis / Wartawan.(25/6/2022).

Informasi peranannya sangat besar bagi kehidupan dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan lain sebagainya. Dalam kehidupan manusia, teknologi informasi berfungsi untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan manusia.

Informasi merupakan suatu hal yang tidak asing lagi didengar di telinga kita.

Memangnya apa sih informasi itu .…?????

Informasi memang sangat penting sekali dan sangat di butuhkan untuk kita dalam menambah wawasan  dan pengetahuan, bukan hanya untuk para anak-anak yang sekolah saja ataupun para mahasiswa yang membutuhkan yang namanya informasi. Akan tetapi informasi di butuhkan oleh semua orang tanpa memandang yang namanya siapa dan usia berapa. Ujar Maria Sulastri 

Informasi sendiri yaitu hasil dari pengelolahan data yang telah di beri makna yang memiliki arti tertentu. Informasi bisa juga di artikan sebagai media pengetahuan yang mana di dapat dari suatu pembelajaran dan pengalaman.  Contohnya laporan laba dan rugi, data akan suatu penduduk di desa tertentu, laporan akan seleksi para penerima beasiswa. Semua itu di sajikan dalam bentuk informasi yang sudah di kelola dari data kemudian di proses menjadi suatu informasi. Sebagai calon penerus bangsa kita harus sering membaca sehingga tidak ketinggalan yang namanya informasi, tidak hanya membaca kita juga dapat melakukan diskusi atau sharing antar teman untuk menambah wawasan kita. Karena informasi dapat mempengaruhi suatu Negara. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan semakin banyak pula perubahan untuk menjadi Negara yang lebih baik lagi kedepannya.

Informasi itu dapat pula bermanfaat dalam pengambilan keputusan maka dari itu suatu informasi harus memiliki kualitas, mutu dan nilai informasi. Kualitas informasi dapat dilihat dari 3 hal yaitu :

Authority (Kepemilikan), yaitu Suatu informasi akan dapat dipercaya oleh khalayak umum jika informasi tersebut ditandai dengan adanya keterangan secara jelas tentang kepemilikan suatu informasi yaitu adanya keterangan nama dari penulis dan penerbitnya serta ada tahun terbitnya.

Keakuratan, yaitu Suatu informasi dapat juga dilihat dari seorang penulisnya bagaimana cara dia menata bahasanya dan bagaimana ejaan dari kata-katanya. Suatu informasi tidak boleh menyesatkan para pembaca. Informasi harus di sajikan dalam bentuk akurat atau benar.

Kebaruan (Tepat waktu), yaitu Informasi akan menjadi berkualitas jika informasi tersebut sampai tepat waktu pada penerima. Informasi harus di dapat secara cepat, maka dari itu dibutuhkan suatu teknologi yang mutakhir untuk mendapatkannya, mengelolanya serta mengirimkan suatu informasi tersebut. Di dalam kehidupan yang sehari-hari kita jalankan, kita tidak dapat terlepas dari yang namanya informasi baik informasi itu kita peroleh dari orang lain, teman, dari koran, televisi atau media yang lainnya. Semua itu penting untuk kita jadikan sebagai waawasan dan pengetahuan serta dapat juga mengurangi resiko kegagalan kita dalam mengambil suatu keputusan. Ujar Maria Sulastri.

Pers, Wartawan, Jurnalis, Juga Di Lindungin Dengan Undang - Undang PERS, UNDANG - UNDANG NO 40 TAHUN 1999 Yang Di Sahkan Pada Tanggal  23 September 1999, Oleh Presiden Republik Indonesia Bapak : Bacharuddin Jusuf Habibie, Jadi Keterbukaan Informasi Publik, bagaikan nafas kita yang terus berhembus tanpa kenal waktu dan tempat. Sehingga, informasi sangat berperan penting dalam kehidupan kita. Jika di era globalisasi ini kita tidak memiliki pola pikir yang maju untuk kedepannya serta kurang dalam mendapatkan suatu informasi maka, kita akan jelas ketinggalan sekali dengan Negara-negara yang maju, untuk itu kita harus mulai pintar membaca, menulis, mengkritik, memahami, tentang Jurnalistik, & Keterbukaan Informasi Publik.

Jurnalis : HERRY SETIAWAN

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved