Kamis, 23 Juni 2022

Sebanyak 300 Pemdes Se Aceh Utara Ikuti Pelatihan Pengolahan Kompos Dan Budidaya Magot di Desa Leuwi Nutug

Sebanyak 300 Pemdes Se Aceh Utara Ikuti Pelatihan Pengolahan Kompos Dan Budidaya Magot di Desa Leuwi Nutug


Realita.co.id
, Aceh Utara - Rombongan ke 3 pelatihan Pengolahan Kompos dan budidaya Magot bagi Para Pemerintah Desa (Pemdes) yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa se kabupaten Aceh Utara, kembali digelar di Desa Leuwi Nutug Kecamatan Citeureup.

Pelatihan pengolahan sampah menjadi kompos adalah sangat penting diadakan. supaya masyarakat luas dapat memahami pentingnya untuk memulai memilah dan memilih sampah.

Pisahkan sampah organik yang berupa sisa makanan dan sayur mayur lainya. sisa makanan ini bisa untuk makanan ternak unggas dan Magot. 

Begitu juga sampah organik didaerah pertanian dan sampah dari produk pertanian bisa diolah menjadi kompos yang juga mempunyai nilai rupiah yang tinggi. dimana kompos merupakan pupuk terbaik bagi tumbuhan dan tidak akan merusak tanah seperti  pupuk kimia buatan. 


Hal itu diungkapkan Tatang Efendi sebagai narasumber pembuatan pupuk kompos.
sedangkan sampah sampah non organik semuanya memiliki nilai jual. kalau anda tak sempat mengurus sampah non organik sedekahkan saja pada pemulung yang membutuhkan itu. Kata Tatang Sang maestro Kompos.

Kalau sampah tidak diolah menjadi kompos selamanya akan menimbulkan masalah bau, jorok, dan kumuh. kompos Adah solusi besar untuk menangani sampah. 

Lanjut Tatang setelah menjelaskan tahapan pembuatan kompos secara detail kepada peserta pelatihan yang berasal dari Aceh Utara, provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Reporter : Gesni

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved