Rabu, 08 Juni 2022

Sulap Sampah Menjadi Barang Berharga, Fathur Rozhi Dinobatkan Menjadi Pejuang Lingkungan

Sulap Sampah Menjadi Barang Berharga, Fathur Rozhi Dinobatkan Menjadi Pejuang Lingkungan


Realita.co.id
, Citeureup - Sampah memang sering menjadi polemik bagi masyarakat yang tidak menyadari akan dampak membuang sampah tidak pada ttempatnya

Karena fakta yang banyak kita lihat diberbagai wilayah terdapat gundukan sampah yang mengganggu pemandangan sehingga tidak nyaman terlihat oleh mata kita.

Penyelasaian masalah sampah sudah banyak dibicarakan di berbagai forum masyarakat, akan tetapi sedikit sekali yang bisa menyelesaikan masalah sampah ini.


Tidak hal nya dengan Fathur Rozi seorang karyawan di salah satu perusahaan nasional Indocordsa mempunyai inisiatif dalam mengatasi masalah sampah ini, beliau menyulap sampah ini menjadi bermanfaat dan berdaya guna sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga. Sehingga masyarakat terbantukan dan lingkungan pun menjadi bersih dan segar, Fathur Rozi mengelola sampah tersebut menjadi bernilai ekonomis, beliau membuat wadah yang disebut Bank Sampah. 

" Bank Sampah ini saya dirikan karena kepedulian saya terhadap kebersihan lingkungan, juga menciptakan bagaimana sampah ini bisa bermanfaat untuk warga. Akhirnya saya mempunyai ide mendirikan Bank Sampah untuk mengelola dan menampung sampah agar bisa jadi bermanfaat bagi warga sekitar, dan juga bisa menambah penghasilan bagi mereka." Ungkap Fathur. 

"Kita punya program sedekah sampah dmana warga bisa bersedekah walaupun hanya dari barang bekas atau sampah yang masih bisa dimanfaatkan. Selain itu juga kita menjemput bola untuk mengambil sampah sampah dari warga dan dipilah di gudang sampah yang dimiliki oleh Bank Sampah. Juga warga bisa menabung di Bank Sampah dengan cara menyetor sampah botol plastik untuk ditabung setelah ditimbang dan diuangkan, dan uang tersebut disimpan si tabungan Bank Sampah." Tambah Fathur Rozi. 

Dari kegiatan Bank Sampah inilah terbangun kepedulian masyarakat untuk hidup bersih dan sehat, sudah banyak berkurang tumpukan - tumpukan sampah dilingkungan sekitar Bank Sampah yaitu di wilayah RT 06/04 Desa Sanja Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor. 

" Alhamdulillah dengan terbentuknya Bank Sampah ini kami warga khususnya di RT 06/04 merasa terbantukan dari segi kebersihan lingkungan dan perekonomian warga, kita bisa menabung dari sampah yang kita kumpulkan." Ungkap Eko warga sekitar Bank Sampah. 

" Dari hasil mengelola sampah ini Bank Sampah setiap hari Jum'at bisa mengadakan Jum'at Berkah, yaitu santunan bagi anak yatim piatu dan dhuafa, dan program "Senasib" ( Sedekah Nasi Bungkus )." Imbuh Fathur Rozi lagi. 

Bank Sampah ini diberi nama " Bank Sampah Barokah." 

Reported By Firly Nugraha

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved