Selasa, 28 Juni 2022

Tingkatkan Kualitas Wartawan, Asosiasi KWRI Sampang Gelar Pelatihan Jurnalistik

Tingkatkan Kualitas Wartawan, Asosiasi KWRI Sampang Gelar Pelatihan Jurnalistik


Realita.co.id
, SAMPANG, Dalam rangka Meningkatkan kinerja Wartawan Profesional, Koalisi Wartawan Ranking Indonesia (KWRI) menggelar pelatihan Jurnalistik untuk umum. Selasa, (28/06/2022).

Pelaksanaan Pelatihan Jurnalistik dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Ketapang tepatnya di Desa Ketapang Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Hadir dalam kegiatan pelatihan yaitu, Ketua KWRI Sampang Abdul Holik, Ketua SMSI Kabupaten Sumenep Wahyudi, Biro Hukum Liputan7.id Angga Kurniawan Spd,SH,MH, Camat Ketapang yang diwakili oleh Zahri, Serta peserta pelatihan Jurnalistik.

Dalam Pelatihan ini, Asosiasi KWRI menghadirkan Wahyudi yang berasal dari Kabupaten Sumenep atau lebih dikenal Wahyu sebagai Narasumber dalam pelatihan Jurnalistik.

Wahyudi sebagai Ketua SMSI Kabupaten Sumenep dalam pembukaannya menjelaskan, pelatihan ini dalam upaya meningkatkan Kualitas wartawan supaya dalam berkerja lebih Profesional sesuai Kode etik Jurnalistik.

“Pelatihan Jurnalistik untuk umum ini supaya dapat meningkatkan Kualitas wartawan dalam berkerja lebih Profesional sesuai kode etik,” ujar Wahyu.

Bang Wahyu panggilan akrabnya dalam pemaparannya menyampaikan, arti dari pada literasi, sebuah kemampuan atau keterampilan dari individu dalam membaca, menulis ataupun menghitung sebuah permasalahan pada tingkat tertentu dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sebagai Jurnalis harus tau Arti dari pada literasi harus paham sebuah kemampuan atau keterampilan dari individu dalam membaca, menulis ataupun menghitung sebuah permasalahan pada tingkat tertentu dalam kehidupan sehari-hari” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Angga Kurniawan Spd,SH,MH selaku Biro Hukum Liputan7.id dan Lawyer EQUALITY LAW FIRM menyampaikan, bahwa kepada semua insan pers agar taat pada aturan yang tertuang dalam UU nomor 40 tahun 1999 dan jadilah insan pers yg mampu menghasilkan sebuah karya jurnalistik yang bagus.

“Intinya sebagai Wartawan tidak harus ber UKW ataupun Terverifikasi Dewan Pers, yang penting dalam menjalankan tugas Jurnalistiknya, semua Wartawan mentaati Kode Etik Jurnalistik,” tegasnya.

Hal senada dilontarkan oleh Abdul Holik selaku Ketua Asosiasi KWRI Sampang bahwa Jurnalis merupakan profesi yang tumbuh dari hati nurani serta dalam Jurnalistik jangan sampai ada yang Copy Paste karya orang.

“Jangan sampai Wartawan Copy Paste Karya milik orang lain, kalau bisa sebagai wartawan Berusahalah menjadi diri sendiri dan jangan sampai melanggar kode etik jurnalistik,” pesannya. (Dre)

Sumber: Liputan7.id

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved