Senin, 13 Juni 2022

Warga Pangeranan Gelar Acara Makan Bersama Camat Bangkalan dan Kadis Perikanan, Kepiting Jadi Menu Utama

Warga Pangeranan Gelar Acara Makan Bersama Camat Bangkalan dan Kadis Perikanan, Kepiting Jadi Menu Utama



Realita.co.id
, Bangkalan – Warga Kelurahan Pangeranan kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Madura adakan makan bersama dengan Camat Bangkalan, Kadis Perikanan, Lurah Pangeranan, serta Kelompok Nelayan, juga hadir para Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM), mengambil tempat di Pendopo Kelurahan Pangeranan Jalan Achmad Marsuki Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. pada hari Minggu (12/06/2022).

Lurah Pangeranan Agus Yofa Deny Siska, S.E, MM, dalam sambutannya mengatakan, Bahwa menyantap daging kepiting atau rajungan tidaklah selalu berdampak negatif, karena diperkaya dengan asupan nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh, bahkan daging kepiting juga dapat memelihara kesehatan jantung.

Tak hanya itu, daging berwarna putih kemerahan ini juga mempunyai sederet manfaat kesehatan lainnya, Mulai menyehatkan tulang karena daging rajungan mengandung zat fosfor yang berperan penting dalam melindungi tubuh dari beragam penyakit seperti osteoporosis, radang dan sebagainya.Tutur Agus sapaan akrabnya.

“Dapat memelihara kesehatan mental, Dikemas dengan beragam nutrisi, seperti tembaga, vitamin B2, selenium dan asam lemak omega 3, daging kepiting sangat baik untuk memelihara sistem syaraf dalam tubuh terutama otak, Daging kepiting juga bermanfaat untuk melindungi sistem syaraf, mengurangi peradangan dan plak pada saluran syaraf, serta menjaga mental agar senantiasa sehat dan bugar”

“Dapat melindungi jantung, karena daging kepiting tinggi akan kandungan asam lemak omega 3 sehingga dia bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolestrol dan juga meningkatkan produktivitas sel anti peradangan dalam tubuh”

Pihaknya menambahkan, Mengomsumsi daging kepiting juga dapat membantu memaksimalkan proses detoks tersebut, Hal ini disebabkan dari kandungan fosfor yang ada dalam daging kepiting akan meningkatkan fungsi ginjal, sehingga akan mempercepat pelepasan racun dari tubuh, sekaligus membantu meningkatkan efisiensi metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Sementara Camat Bangkalan Cicik Fadiah, S.E,MM menyampaikan, Banyak-banyak terimakasih kepada ketua kelompok nelayan juga para nelayan di Kelurahan Pangeranan atas undangannya kepada saya, dijelaskan hari ini dan selanjutnya akan membawa dampak yang lebih baik bagi nelayan di Kelurahan Pangeranan, Sekarang pun harga rajungan turun draktis apalagi dengan adanya PMK kita selama 2 (Dua) tahun ini memang selalu dan selalu diuji oleh Allah swt, Mudah-mudahan bulan berikutnya kembali normal.Pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Camat Bangkalan Menyampaikan, Kerena itu diperintah langsung oleh Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron, untuk penyempurnaan data DTKS karena selama ini agak sedikit amburadul ada yang belum terdata, meskipun itu sebetulnya memang membutuhkan bantuan tapi belum masuk jadi perintah langsung dari setiap kelurahan terutama nelayan, agar dimasukkan ke data karena kalau tidak sampai kapanpun tidak pernah bisa mendapatkan bantuan apapun.

Dan saya harap kepada Pak Lurah segera memasukkan data-data para nelayan yang belum masuk, dan nantinya ada tim survei dari Dinsos yang akan turun kelapangan. Harap Bu Camat Cicik.

Ditempat yang sama Ketua Kelompok Nelayan, memaparkan, Bahwa bagaimana caranya agar pemasarannya disampaikan kepada para nelayan supaya kesejahteraan keluarganya bisa berjalan dengan baik.

Karena ini adalah penghasilan utama, permasalahan para nelayan itu ketika ada gelombang besar, para nelayan tidak bisa melaut jadi kami minta Dinas Perikanan dan Dinas terkait memberikan cara bagaimana ketika tidak bisa melaut, intinya memberi / membuka lapangan pekerjaan itu adalah tugas Pemerintah Daerah (Pemkab) serta didirikannya yang namanya simpan pinjam atau koperasi nelayan, kami minta kerjasamanya dengan pemerintah Dinas Koperasi, Perindustrian bagaimana caranya pemasaran kepiting karena ini merupakan makanan pokok. Harapnya.

Disisi lain Dinas Perikanan Zaini, menjelaskan, masalah kartu Kusuka merupakan Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan yang digunakan sebagai indentitas tunggal Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan.

Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) diterbitkan Kementrian Kelautan dan Perikanan, Peraturan Menteri KKP Nomor 39 tahun 2017 tentang Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan sebagai Landasan Hukum, Kartu Kusuka ini ditujukan untuk perlindungan dan pemberdayaan pelaku usaha kelautan dan perikanan, percepatan pelayanan, peningkatan kesejahteraan serta menciptakan efektivitas dan efisiensi program Kementerian Kelautan dan Perikanan agar tepat sasaran dan pendataan kepada pelaku usaha kelautan dan perikanan.

“Jika sebelumnya program tersebut dilakukan dengan menerbitkan Kartu Nelayan yang diperuntukkan bagi nelayan kecil, kini kartu tersebut telah berganti, Namanya Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kartu Kusuka),” Tuturnya.

Kata Zaini, Yang mendapat kartu kusuka ruang lingkupnya itu adalah nelayan, pembudidaya ikan, pengolah ikan, pemasar ikan perikanan dan penyedia jasa produksi ikan. Ungkapnya kepada media ini.

Samsul

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved