Selasa, 26 Juli 2022

Danrem 061/SK Hadiri pembukaan TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022

Danrem 061/SK Hadiri pembukaan TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022



Realita.co.id
, Cianjur, Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Tahun Anggaran 2022 di Wilayah Kodim 0608/Kab.Cianjur dihadiri langsung oleh Danrem 061/Sk Brigjen TNI Rudy Saladin M.A. Kegiatan ini dilaksanakan di Alun-alun Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Selasa (26/7).



Pembukaan TMMD ke 114 ini ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan Berita Acara serah terima Program TMMD dari Bupati Cianjur kepada Komandan Kodim 0608/Cianjur dan juga penyerahan secara Simbolis Alkap TMMD oleh Bupati kepada perwakilan Anggota TMMD. Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 250 Orang termasuk unsur Forkopinda Kabupaten Cianjur, Kadis Pos Dirga Lanud Atang Sanjaya, Kazidam lll/Slw yang diwakili oleh Wakazidam, Pabandya Bakti TNI Seterdam lll/Slw, para Dandim jajaran Korem 061/Sk, Dan/Kabalak jajaran Korem 061/Sk, para Dan y
Yonif jajaran Korem 061/Sk.


Pada pembukaan kegiatan TMMD ini Dandim 0608/CJR menyampaikan paparannya dimana dalam paparannya tersebut Dandim menyampaikan bahwa Program TMMD ke 114 merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu Pemerintah Kabupaten Cianjur dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan ini adalah wujud nyata kepedulian TNI terhadap masyarakat. Pelaksanaan TMMD ke 114 T.A 2022 merupakan bentuk kegiatan Karya Bakti yang dilakukan bersama-sama antara TNI dengan Instansi Pemerintah Kabupaten Cianjur dan seluruh Komponen masyarakat Desa Cibadak Kecamatan Cibeber. Kegiatan ini ditujukan untuk memotifasi dan menumbuh kembangkan kesadaran serta semangat Kegotong royongan masyarakat dalam membangun Desanya. Diharapkan melalui pelaksanaan Program TMMD ke 114 T.A 2022 ini dapat lahir kembali rasa cinta Tanah Air guna mempererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Pelaksanaan TMMD ke 114 T.A 2022 adalah wujud Operasi Bakti TNI dalam kegiatan yang berlangsung selama 1 Bulan mulai 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022. Diharapkan kegiatan TMMD ini dapat memberikan Kontribusi nyata yang Terintegrasi dalam dua sasaran kegiatan baik secara Fisik maupun. Sasaran non Fisik diprioritaskan untuk membangun Infrastruktur peningkatan sarana dan prasarana serta Fasilitas umum untuk mempercepat pembangunan Pedesaan sedangkan sasaran non fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat dalam kehidupan Bermasyarakat Berbangsa dan Bernegara serta menumbuh kembangkan semangat Gotong royong dalam rangka mencapai kesejahteraan Masyarakat.

Sedangkan Bupati Cianjur dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan TMMD dapat dipandang sebagai langkah nyata keterlibatan TNI dalam membangun Pedesaan. Sedangkan dari sisi Formula TMMD menjadi lompatan Metodologi Pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan kebersamaan dan Koordinasi lintas Sektor, untuk itu selaku Kepala Daerah la menyambut baik dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan TNI AD atas terlaksananya kegiatan TMMD di Kabupaten Cianjur. Hal ini menunjukkan bahwa Kemanunggalan TNI dengan Rakyat masih melekat serta Nilai-nilai kemanfaatannya masih sangat dirasakan oleh Masyarakat banyak. Dengan demikian TMMD diharapkan dapat mengentaskan dari ketertinggalan melakukan percepatan pembangunan di Desa sehingga sangat tepat dengan Tema yang diusung Tahun ini yakni TMMD Dedikasi terbaik membangun NKRI yang mengandung arti semangat ke manunggalan TNI-Rakyat.


Terkait kegiatan TMMD ke 114 T.A 2022 ini, Brigjen TNI Rudy Saladin menjelaskan kepada Awak Media bahwa ia selaku Komandan Korem 061/Sk tentunya sangat mengapresiasi kepada Stakeholder yang turut Berpartisipasi dalam kegiatan Lintas Sektoral ini. Dimana sasaran TMMD berupa Fisik dan Nonfisik yang akan dilaksanakan ini tentunya diarahkan agar dapat meningkatkan roda perekonomian di Daerah, serta menumbuhkan Inovasi dan Kreativitas masyarakat guna meningkatkan Kualitas hidup dalam membangun Daerah menuju kehidupan Sosial yang lebih maju dan Mandiri.

"Seperti yang disampaikan oleh Bupati Cianjur bahwa kegiatan TMMD ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebersamaan serta Kegotong-royongan untuk mengatasi persoalan yang ada di daerah, misalnya saja seperti membuka Akses Jalan Dusun maupun Desa yang Terisolasi, sehingga nanti setelah Jalan tersebut dibuka maka Warga Masyarakat akan lebih mudah untuk melakukan Aktivitas Sehari-hari. Kemudian juga ada Renovasi Masjid, Renovasi Madrasah, Renovasi Rutillahu, serta Pembuatan MCK dan Pos Ronda, semua itu tentunya untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat terkait sarana Prasarana untuk memenuhi Aktivitas keseharian Warga. Dan untuk kegiatan Non Fisik sendiri, pada TMMD ini tentunya akan diberikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, penyuluhan Bidang Stunting, Posyandu, penyuluhan Pertanian, Perkebunan, Hukum, Kesehatan, UMKM dan lain sebagainya, semua itu tentunya juga untuk meningkatkan taraf  hidup warga masyarakat di sini, dan juga untuk memberikan pemahaman tentang arti Berbangsa dan Bernegara di Tanah Air kita. Saya juga berharap dengan adanya kegiatan ini semoga dapat meningkatkan rasa persatuan antar kelompok masyarakat dan juga untuk menumbuhkan semangat Gotong royong dalam memperkokoh TNI dengan Rakyat. Semoga kegiatan ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh Rakyat.

Kegiatan pembukaan TMMD ini juga diisi dengan Demonstrasi Pencak Silat serta penampilan Drumband Siswa YPI Al Hanif. Pada kesempatan yang sama Danrem 061/Sk juga meninjau Stand UMKM,  kemudian meninjau Penyuluhan Stunting, pengobatan massal dan Pameran Inovasi.

Usai menghadiri pembukaan TMMD ke 114 Danrem 061/Sk beserta rombongan meninjau langsung lokasi TMMD Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, yang di mana dalam peninjauannya tersebut Danrem bersama warga masyarakat secara Simbolis merobohkan satu Rutilahu yang akan Direnovasi. Dan juga meninjau pembuatan Jalan, Rehab Madrasah dan Pos Kamling.

Sumber: Penrem 061/Sk

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved