Rabu, 03 Agustus 2022

KUMPUL-KUMPUL WARATAWAN REALITA news MILIK KITA BERSAMA

KUMPUL-KUMPUL WARATAWAN REALITA news MILIK KITA BERSAMA





Realita.co.id, Madura - apa yang seharusnya didapatkan/diperoleh’. Kumpul-Kumpul Wartawan Rialita Milik Kita Bersama pada saat-saat kumpul bertempat di Kediaman Pimpinan Readaksi ( Pimred ) Bapak Sawei di Dusun Rembah Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.hari rebo 3 agustus 2022.yang hadir adalah Bapak Penasihat Harian Bapak Ade dan Kabiro Bogor,Kabiro Solo, Kabiro Pasuruan ,Kabiro Jakarta,.

Kabiro Madura,serta Awak Media.Realita.Acara selanjutny Arahan oleh Penasihat Harian Bapak Ade"Menjelaskan Peran wartawan yang dianggap sebagai penyampai informasi lewat tulisan, harus mengedepankan moral kewartawanannya secara benar sesuai dengan yang diamanahkan oleh kode etik jurnalistik itu sendiri. Disamping itu, wartawan yang juga sebagai agen perubahan sosial berkewajiban melakukan perubahan perilaku sosial masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya."Nilai-nilai profesional bagi wartawan sebagaimana tercantum dalam setiap kode etik pers adalah akurasi, objektivitas, dan keseimbangan.


Media cetak memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi sekaligus merubah pola pikir, sikap dan perilaku publik. Karenanya, media selain berfungsi menyiarkan informasi, media juga berfungsi mendidik, mengajak, dan menyajikan ruang ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Bahkan, peranan media sebagai sarana komunikasi, sangat menentukan perubahan moral dan watak masyarakat.Untuk itu, seorang wartawan harus memiliki naluri yang kuat untuk memilih dan memastikan mana peristiwa yang layak diberitakan, mana pula yang tidak. 

Untuk memastikan layak tidaknya, Maka Realita dan Bahasa Di zaman kemajuan informasi dan teknologi sekarang ini,  idealita dan realita tidak bisa ‘diceraikan’, karena kedua kata itu memiliki kesamaan dan kepentingan dengan wartawan. Menyampaikan informasi yang sesuai dengan idealita dan realita haruslah berimbang (balanced), 

Maka Kami selaku Penasehat mengatakan, media yang cerdas tidak pernah secara serta merta memuat berita atau pernyataan dalam bahasa yang vulgar. Pers, Kata kami, bukan hanya sebatas profesi, tetapi ia adalah panggilan hati nurani.dituntut mengembangkan profesi jurnalistiknya untuk mencerdaskan bangsa. Moralitas merupakan keseluruhan norma-norma, nilai-nilai dan sikap seseorang atau masyarakat. Moralitas adalah sikap hati yang terungkap dalam perbuatan lahiriah. 

Moralitas terdapat apabila orang mengambil sikap yang baik karena ia sadar akan kewajiban dan tanggungjawabnya dan bukan ia mencari keuntungan.yang mendapat keistimewaan untuk menerapkan Syariat Islam secara kaffah (menyeluruh). Dalam hal pelaksanaannya, hal tersebut menyangkut berbagai sektor, termasuk dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan media.  

Dalam hal penyampaian sejumlah informasi kepada masyarakat, misalnya Media Realita sebagai media yang beredar di kalangan penduduk yang mayoritas muslim tentunya sangat diharapkan dapat membantu proses syi’ar Islam  dalam berita sebagai bentuk pengawasan terhadap moralitas  kewartawanannya.Disamping itu, tugas wartawan dan media tidak sebatas berperan sebagai penyampai informasi kepada masayarakat semata, tetapi lebih dari itu, wartawan  dituntut  sesuai dengan moral (etika) jurnalistiknya dapat melahirkan berita-berita yang mampu membuat masyarakat memahami dan mengambil pelajaran yang berguna dari berita yang dipublikasikan."Moralitas Wartawan"Moral adalah  sikap dan perilaku ideal berdasarkan pertimbangan akal yang dimiliki manusia.  

Hanya moral yang baik dan keberhati-hatian yang dapat menolong seorang.Peran wartawan yang dianggap sebagai penyampai informasi lewat tulisan, harus mengedepankan moral kewartawanannya secara benar sesuai dengan yang diamanahkan oleh kode etik jurnalistik itu sendiri. Disamping itu, wartawan yang juga sebagai agen perubahan sosial dan berkewajiban melakukan perubahan perilaku sosial masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Nilai-nilai profesional bagi wartawan sebagaimana tercantum dalam setiap kode etik pers adalah akurasi, objektivitas, dan keseimbangan. 

Media Onlin / cetak memiliki kekuatan besar dalam mempengaruhi sekaligus merubah pola pikir, sikap dan perilaku publik. Karenanya, media selain berfungsi menyiarkan informasi, media juga berfungsi mendidik, mengajak, dan menyajikan ruang ilmu pengetahuan bagi pembacanya. Bahkan, peranan media sebagai sarana komunikasi, sangat menentukan perubahan moral dan watak masyarakat " Terang Bapak Adi ( Samsul / A-6 )

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved