Senin, 31 Oktober 2022

Bogor 90 Emas, Bima Arya Lepas Kontingen Kota Bogor ke Porprov Jawa Barat*

Bogor 90 Emas, Bima Arya Lepas Kontingen Kota Bogor ke Porprov Jawa Barat*


Realita.co.id,Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Ketua Kontingen Kota Bogor Dedie A. Rachim, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Benninu Argoebie dan Kepala Dispora, Herry Karnadi melepas kontingen Kota Bogor menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat.


Pelepasan para kontingen Kota Bogor dilakukan secara simbolis dengan prosesi Lepas Kujang Ka Pakalangan di Alun-alun Kota Bogor, Senin (31/10/2022), yang juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Bogor.

Diawali dengan parade dari cabang olahraga (Cabor) drum band, kemudian atletik, arung jeram, anggar, angkat berat, angkat besi, balap sepeda, biliar, bola tangan, aeromodeling, bulu tangkis, bowling, bridge, catur, cricket, dansa, gulat, golf, hoki, judo, kurash, karate, kempo, muaythai, menembak panahan, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, sambo, selam, senam, dansa, sepatu roda, sepak takraw, ski air, softball, taekwondo, tenis lapang, tarung derajat, tenis meja, tinju, wushu pata atlet berbaris di tengah plaza Alun-alun Kota Bogor.

Dalam laporannya, Ketua Kontingen Kota Bogor, Dedie A. Rachim yang juga Wakil Wali Kota Bogor melaporkan kesiapan menghadapi Porprov ke 14 tahun 2022.

Pada perhelatan Porprov, kata Dedie Kota Bogor tahun ini memberangkatkan sebanyak 850 orang yang terdiri dari atlet sebanyak 470 orang, pelatih 121 orang, manajer 46 orang, pengurus kontingen 83, official dan tenaga perbantuan 43 orang, wasit dan juri sebanyak 60 orang.

Kontingen Kota Bogor akan melaksanakan pertandingan di sembilan kabupaten/kota menggunakan hampir 25 hotel sebagai penginapan serta 229 angkut dan ambulance.

"Pada porprov tahun ini Kota Bogor akan mengikuti 410 nomor dari 1 044 nomor yang dipertandingkan atau sekitar 39 persen dengan target 90 medali emas," katanya. 

Porprov ke 14 se-Jawa Barat ini lanjut Dedie secara resmi akan dibuka pada tgl 13 November 2022 dan ditutup pada tanggal 29 November 2022 di Kabupaten Ciamis.

Pada momentum pelepasan kontingen ini pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor Forkompinda yang telah membantu dalam mempersiapkan kontingen.

Ia juga menyampaikan terima kasih juga kepada pihak non pemerintah PT Mahatidana Aora Pratama, PT Marabu Boga Prima, PT Benua Asia, PT Jago Utama Abadi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengapresiasi keseriusan dan persiapan yang maksimal, mulai kesiapan administratif, kesiapan penganggaran pendanaan, kesiapan latihan dan outfit yang dikenakan oleh para atlet.

"Menurut saya ini outfit yg paling oke. Ini warnanya cocok, ukurannya cocok, modelnya cocok, Insya Allah membawa kita juara. Karena persiapannya matang, persiapannya maksimal, maka optimisme kita kuat dan kokoh. Kita akan mencetak sejarah minimal 90 emas," jelasnya.

Menurutnya target 90 emas yang ditargetkan pada Porprov ke 14 ini melonjak jauh dari Porprov ke 13 yang hanya 57 emas.

Kepada para atlet Bima Arya menitipkan pesan sesuai apa yang disampaikan Ketua KONI Kota Bogor bahwa atlet Kota Bogor harus berakhlak dan berkarakter.

"Karena itu saya titip satu hal saja, junjung tinggi sportifitas. Mudah-mudahan semua bisa mengendalikan diri. Karena olahraga intinya adalah friendship, brotherhood kebersamaan, kekeluargaan, tu, Olahraga adalah karakter building. Saya tidak bangga kalau 90 emas tercapai tapi ternodai. Sekali lagi saya titip, saya tidak mau sedikit pun ada berita tentang peristiwa di lapangan yang jauh dari semangat akhlak yang baik dan semangat sportifitas," ujarnya.

Karena lanjut Bima Arya, yang harus dipahami target yang harus dicapai tidak hanya prestasi tapi juga silaturahmi dan persahabatan.

"Spiritnya harus menang perang, tapi semangatnya harus semangat, menambah kawan. Jadi sekali lagi semua harus mental petarung, gak boleh mental pecundang, semua harus mental pemenang dan saya lihat itu ada. Tetapi jangan semangatnya semangat perang saja dan lupa bahwa kita harus membangun persahabatan," katanya.

Untuk para atlet Kota Bogor juga menyiapkan bonus sebesar Rp 100 Juta dan Rp 75 Juta untuk para pelatih yang berhasil meraih medali emas.

Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie mengatakan, Porprov 2022 ini adalah Porprov terbesar. Sepanjang sejarah 14 kali pelaksanaan Porprov baru kali ini yang dilaksanakan di 9 kota/kabupaten dengan total 1.024 nomor pertandingan.

"Ini merupakan Porprov yang luar biasa dimana persiapannya, dua  tahun kita harus berjibaku karena pandemi Covid-19. Pelaksanaannya juga harus berjibaku dengan jadi atau tidaknya pelaksanaan. Tapi dari itu semua hari ini Kota Bogor dinyatakan siap untuk mengikuti Porprov 2022," katanya.

Saat ini kata Ben sapaan akrabnya menjelaskan, anggaran untuk Porprov 2024 sudah diberikan kepada para atlet dan berbagai persiapan pelaksanaan Porprov. Kota Bogor kata Ben menargetkan untuk bisa merebut 90 medali emas 

Karena sejatinya menurut Benn kemenangan tidak boleh ditunggu, kemenangan tidak bisa diminta, tetapi kemenangan harus direbut dan saatnya untuk membuktikan kemenangan Kota Bogor pada ajang Porprov.

"Mohon doanya juga hari ini juga pukul 13.00 Kota Bogor akan melakukan pertandingan pertamanya cabang olahraga sepak bola. Hari ini akan melaksanakan pertandingan perdananya, mudah-mudahan membawa kabar baik untuk kita semua," katanya.

Pada kesempatan itu Benn juga menitipkan pesan atlet kontingen Kota Bogor harus menjadi contoh panutan bahwa atlet yang berangkat ke Porprov  harus memiliki akhlak yang terbaik.

Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Bogor, Abdul Manan Tampubolon optimis Cabor Arung Jeram bisa raih tiga emas.

"Atlet ini sudah dari bulan Juli ikut tesnya, jadi Insya Allah kita siap untuk maju di Porprov 2022 ini. Atlet arung jeram ada 10, kita akan turun di tiga nomor, Insya Allah target kita 3 emas. Insya Allah atlet siap, pelatih siap, pengurus juga siap semua," katanya.

Nantinya 10 atlet arung jeram Kota Bogor ini akan berangkat pada 8 November 2022 ke Cimanuk, Garut dan akan bertanding pada 12 November 2022 hingga 19 November.

Ia pun optimis para atlet yang dilatih oleh pelatih nasional ini bisa pulang membawa medali emas.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved