Kamis, 27 Oktober 2022

Daya Indonesia Performing Arts Academy dan Yuyun George Terus Dukung, Tiap Sesi Ngopi Bareng Alumni Seri V Kebaya Goes To UNESCO

Daya Indonesia Performing Arts Academy dan Yuyun George Terus Dukung, Tiap Sesi Ngopi Bareng Alumni Seri V Kebaya Goes To UNESCO


Realita.co.id,
Jakarta - Alumni Untuk Indonesia (AUI) untuk ke-5 kalinya berhasil menyelenggarakan acara bertajuk “Ngopi Bareng Alumni” dengan tema “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO”. Meski dimulainya acara sempat tertunda akibat hujan yang membasahi sebagian lokasi acara, Ngopi Bareng Alumni Seri V, Selasa (25/10/2022) pukul 17:00 - 21:00 WIB di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.


Pada penyelenggaraan kali ini, Ngopi Bareng Alumni Kembali menampilkan Angklung Gumati Nusantara, LD Puspita 18, Anak Medan Solid, Yuyun George, serta dukungan segenap artis, penyanyi, dan penari dari DAYA Indonesia Performing Arts dan Ardhanari Perfoming Arts & Studio Managements. 

Ngopi Bareng Alumni juga ikut dimeriahkan oleh kehadiran Paduan Suara Gita Selaras Indonesia, Dimi Sulisto, Dina Mega Wardani (Pretty Sisters), JAMAN Perempuan Indonesia, Kita Alumni Jayabaya Bersatu (KAJB), dan fashion show kebaya oleh KPPBI. 

Hadir dalam acara dan memberikan kata sambutan Bapak Ignasius Jonan, mantan Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Dalam sambutannya disampaikan, jika kebaya mau dibawa ke ranah international, sebaiknya juga memperhatikan kaidah-kaidah ramah lingkungan, “benang, proses tenun, proses jahit, proses batik, dan lainnya sebaiknya ramah lingkungan, karena jika tidak memperhatikan kaidah ramah lingkungan, maka bisa ikut mencemari sungai, laut, dan tanah.” 

Cara mempromosikan kebaya juga tidak luput menjadi perhatian Bapak Jonan. Beliau menyampaikan, minimal promosinya bisa dibuat mirip seperti promosi celana jeans.

Alumni Untuk Indonesia (AUI) adalah kolaborasi alumni-alumni perguruan tinggi negeri dan swasta, alumni perguruan tinggi luar negeri, dan alumni SMA/SLTA. Kegiatan Ngopi Bareng Alumni dengan tema “Kebaya Nusantara Goes To UNESCO”, bermaksud untuk turut serta mempopulerkan kembali budaya berbusana KEBAYA serta mendukung Kebaya Goes to UNESCO.

Istilah “Kebaya Nusantara” sengaja digunakan untuk menunjukan keanekaragaman jenis kebaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, Nusantara. Pemilihan tema “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO” juga merupakan perwujudan peran serta AUI untuk ikut aktif melaksanakan multi-track diplomacy, cultural diplomacy, dan soft diplomacy ke mancanegara.

Ngopi Bareng Alumni, dengan tema “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO”, direncanakan akan dilaksanakan setiap bulan di minggu II/III, hingga Desember 2022. Selanjutnya, Ngopi bareng Alumni Seri VI, “Kebaya Nusantara Goes to Unesco” dijadwalkan pada 22 November 2022.

Tim Ngopi Bareng Alumni, “Kebaya Nusantara Goes to UNESCO”
- Bilmar Sitanggang, S.H. (Penanggung Jawab)
- Prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, M.Th., A.Mus.D.
- DR. Maria M. Sintorini
- Maria Darmaningsih, S.Sn., M.Ed.
- Metty, Dipl.Ing
- Tiana Soeharto, S.S., M.A.
- La Ode Mutakhir Bolu, S.T., M.Sc.

Editor: Syafrudin Budiman SIP

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved