Sabtu, 12 November 2022

98 Anggota Penggalang Pramuka Kota Bogor Ikuti Lomba LT III

98 Anggota Penggalang Pramuka Kota Bogor Ikuti Lomba LT III


Realita.co.id
, Sebanyak 98 anggota Gerakan Pramuka Penggalang Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor mengikuti Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang III (LT III) Tahun 2022. 

Kegiatan LT III yang berlangsung selama 3 hari, mulai 11 hingga 13 November dibuka secara resmi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor yang juga Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor, Syarifah Sofiah. 

Kepada para peserta LT III, Syarifah menyampaikan rasa bangga karena berhasil melalui proses seleksi dan usaha yang tidak ringan, mulai dari gugus depan l (LT I) dan tingkat kwartir ranting (LT II) sehingga bisa mengikuti LT III yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Pasalnya, tidak semua anggota pramuka penggalang memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini. 

Disamping itu melalui LT III, banyak hal positif dan bermanfaat yang akan diperoleh para peserta maupun para pembina. Pertama, kata Syarifah, masing-masing kwarran akan bisa mengukur kemampuan dari segala aspek. Kedua, bagi para pembina, hasil yang dicapai peserta akan menjadi evaluasi untuk bahan persiapan mengikuti kegiatan serupa di level dan pelaksanaan di periode berikutnya. 

"Ini adalah kompetisi yang harus didasari nilai-nilai yang ada di dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, seperti kejujuran, kedisiplinan, kebersamaan, kemandirian dan tanggung jawab. Aspek-aspek komprehensif yang tidak kalah penting dalam LT adalah mental, spiritual, kesetiaan, pengetahuan, keterampilan, kecakapan, keberanian dan lainnya. Diluar semua itu, peserta dituntut untuk mengeluarkan bakat seni budaya, entrepreneurship. Jangan jadi generasi 'strawberry', cakap dan pandai tapi keriput kalau terkena matahari. Takut mengkerut ketika menghadapi kendala," kata Syarifah di Villa Edwin, Desa Sirna Galih, Kabupaten Bogor, Jumat (11/11/2022). 


Untuk regu penggalang terbaik yang berhasil juara LT III, Syarifah meminta kepada jajaran Kwarcab Kota Bogor agar dilaksanakan persiapan dan training center secara maksimal agar bisa mengikuti LT IV bahkan LT V secara optimal. Khusus untuk penilaian, dirinya mengharapkan para juri agar dalam proses penilaian dilaksanakan secara objektif. 

Terakhir Syarifah menyampaikan capaian tertinggi Kwarcab Kota Bogor dalam LT IV pada tahun 2016, regu pramuka Penggalang putri Kwarcab Kota Bogor ada di posisi kedua sehingga tidak lanjut ke LT V. 

Hadir mendampingi Syarifah, diantaranya Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Dani Rahardian bersama Sekretaris Kwarcab Kota Bogor, Nurnawaly dan jajaran pengurus serta pembina Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Bogor.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved