Selasa, 15 November 2022

Ajarkan Anak Tanam Bibit, TK Al Barokah Blega SEWA SAWAH Demi Melaksanakan Kegiatan P5

Ajarkan Anak Tanam Bibit, TK Al Barokah Blega SEWA SAWAH Demi Melaksanakan Kegiatan P5


Realita.co.id,
Bangkalan - Bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka, Taman Kanak-Kanak Al Barokah Blega Bangkalan melakukan kegiatan belajar mengajar di luar kelas tepat di pematang sawah yang sudah siap tanam.
Selasa 13 November 2022

TK Al Barokah mengambil tema Aku Cinta Indonesia memperkenalkan kepada anak didiknya kerja nyata langsung turun ke sawah menanam bibit makanan pokok rakyat Indonesia (padi). Kegiatan ini dilakukan agar anak didiknya bisa tahu bagaimana proses tanam sesungguhnya, panen, pengeringan dan penggilingan gabah hingga menjadi beras.
Dari bahan pokok pokok beras diolah menjadi nasi, bubur dan bermacam-macam olahan lainnya. Pada P5 TK Al Barokah ini, dari tema Aku Cinta Indonesia diambil topik makanan tradisional dan sub topik "Tajin Rombuh" yang menjadi makanan tradisi Madura di setiap bulan Muharram/ Suro.

"Iya, kami sangat senang,
anak kami bisa belajar nyata sambil bermain apalagi kegiatan ini sangat positif, bisa dilakukan di luar kelas" kata salah satu wali murid yang tidak mau di sebut namanya.

Kegiatan P5 tersebut menjadi kegiatan yang sudah diagendakan oleh TK. Al Barokah. "Kegiatan P5 ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi kami sebagai satu-satunya Sekolah Penggerak tingkat PAUD di kecamatan Blega" kata kepala sekolah TK Al Barokah, Juhairiyah, S.Pd.I.
" Sebenarnya kami tidak sewa satu lahan sawah, tapi kami kerja sama dengan pemilik sawah untuk kami kelola menjadi lahan yang siap tanam, untuk kami jadikan media pembelajaran nyata dalam P5, dan beliau setuju" lanjutnya.

TK. Al Barokah adalah satu-satunya TK di kecamatan Blega Bangkalan yang lulus dalam Program Sekolah Penggerak (PSP) dan menjadi TK rujukan kaum ibu dan mama-mama untuk menyekolahkan anaknya yang masih usia dini. " Memang Al Barokah bisa disebut Puad unggulan dan TK favorit di kecamatan Blega, siswanya saja sudah mencapai 154 orang dan dibagi menjadi 6 rombongan belajar" kata H.Moh.Mukid, M.Pd pengawas pendidika di korwil bidang pendidikan kecamatan Blega.

"Betul, siswa kami 154 orang dibagi menjadi 6 rombel" kata Kepala Sekolah Al Barokah.
 Kalau dilihat dari letak geografis sekolahnya, TK Al Barokah terletak di daerah perbatasan dan pedesaan. Jadi dengan jumlah siswa yang real 154 siswa merupakan sekolah yang banyak diminati orang tua Siswa dikecamatan Blega dan sekitarnya. **Haryadi

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved