Kamis, 17 November 2022

Ayo ke Museum Penerangan di TMII

Ayo ke Museum Penerangan di TMII


Realita.co.id,
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menerima rombongan perwakilan Museum Penerangan yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Paseban Narayana, Balai Kota Bogor, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Kamis (17/22/2022). 


Kepala Kelompok Kerja Kemitraan dan Kehumasan Museum Penerangan, Fransiska Melinda Rosaria menjelaskan kedatangannya untuk membantu sosialisasi dan promosi keberadaan Museum Penerangan yang berlokasi di TMII. 

Kepada Dedie, Fransisca mengaku keberadaan Museum Penerangan saat ini memang kurang dikenal di masyarakat, baik masyarakat internal kominfo maupun masyarakat umum, sehingga hal tersebut menjadi pekerjaan rumah untuk lebih mempromosikan,  menggencarkan bahkan menggalakkan informasi tentang museum atau kunjungan ke museum. 

Disamping itu, diakuinya keberadaan museum dirasa sangat tertinggal jauh dari dunia entertainment untuk anak-anak pada masa sekarang, khususnya pada masa pandemi Covid-19 museum benar-benar ditinggalkan masyarakat. 

Untuk itu, ia mendorong pihak museum untuk mencari inovasi-inovasi baru agar kunjungan museum tetap ada, salah satu yang dilakukan adalah dengan menjemput bola ke berbagai instansi terkait, diantaranya sekolah-sekolah dan dinas kominfo di daerah untuk membantu sosialisasi museum penerangan. 

“Kami coba jemput bola melalui koordinasi dan komunikasi dengan dinas pendidikan serta dinas kominfo yang hal ini dimaksudkan untuk membantu sosialisasi kepada para siswa SMP dan SMA, mungkin bisa datang berkunjung ke museum penerangan, untuk daerah yang jauh bisa dilakukan secara virtual,” kata Fransisca.

Fransisca menambahkan, untuk meningkatkan kunjungan ke museum, saat ini pihak Museum Penerangan tengah getol menggalakkan program virtual experience museum penerangan atau program ‘jalan-jalan’ ke museum penerangan secara virtual. Selain itu untuk yang ingin berkunjung secara langsung ke museum, pihak pengelola masih menggratiskan tiket masuk.

Saat ini Museum Penerangan yang berada di TMII berada dibawah Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) kondisinya sudah direvitalisasi dan rencananya dalam waktu dekat akan dibuka kembali. Bagi masyarakat umum yang ingin berkunjung hanya membayar tiket masuk ke TMII.

Kepada perwakilan Museum Penerangan, Dedie yang didampingi Dinas Pendidikan (Disdik) dan Diskominfo menyampaikan, di Kota Bogor terdapat museum-museum yang kunjungannya perlu mendapat dukungan mengingat keberadaan museum bisa menjadi salah satu lokasi dan media pembelajaran bagi para pelajar di Kota Bogor. 

Untuk perangkat daerah terkait, Dedie mendorong para siswa di Kota Bogor untuk mengunjungi dan memanfaatkan museum-museum sehingga menambah wawasan para siswa dan menambah kreatifitas.  

“Selain itu, untuk program Museum Penerangan kami akan mendukung dan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Disdik dan Diskominfo Kota Bogor,” kata Dedie.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved