Senin, 07 November 2022

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA WINONG GELAR UNIT ORGANISASI BERSIFAT FUNGSIONAL ( UOBF PUSKESMAS GEMPOL )

MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA WINONG GELAR UNIT ORGANISASI BERSIFAT FUNGSIONAL ( UOBF PUSKESMAS GEMPOL )


Realita.co.id,
Unit Organisasi Bersifat Fungsional Pusat Kesehatan Masyarakat (UOBF PUSKESMAS GEMPOL)  Pemdesa Desa Winong mengadakan kegiatan Pembinaan dan Pembentukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Tingkat Desa Winong untuk Tahun 2022. Kegiatan Pembinaan dan Pembentukan Gerakan Masyarakat Sehat ( GERMAS ) merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Gempol . Pembinaan dan Pembentukan GERMAS di selenggarakan di Balai Desa Winong pada hari selasa 08 November 2022.yang hadir antara lain Kepala Desa Winong Suyanto serta Prangkat Desa Winong Ketua BPD Misron serta anggota Ketua TP-PKK Ibu Kades Tuty Hahiyati dan Bidan Desa Winong Agustin Riska Pratama Ketua Pembinaan GERMAS sangat penting dalam menunjang kesehatan dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu UOBF Puskesmas Gempol secara rutin dan berkala menyelenggarakan pembinaan di seluruh Desa -Desayang berada di wilayah Gempol ,Dr Arma Rosita Heliantin selaku pemegang Program Promosi Kesehatan (PROMKES) Puskesmas Gempol Dr Arma Rosita Heliantin " Mengatakan ada beberapa point utama dalam merealisasikan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari. Point utama dalam melaksanakan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari adalah :


1. Melakukan aktivitas fisik
2. Mengkonsumsi sayur dan buah
3. Tidak merokok
4. Tidak mengkonsumsi alkohol
5. Memeriksa kesehatan secara rutin
6. Membersihkan lingkungan
7. Menggunakan jamban


    Lebih lanjut Dr Arma Rosita Heliantin memberikan penjelasan selain tujuh point diatas dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dilanggar oleh masyarakat. Diantaranya adalah resiko obesitas bagi yang kurang gerak untuk aktivitas fisik, Kanker paru-paru, serangan jantung dan bahkan kematian bagi yang sering merokok dan minum minuman beralkohol. Makan gorengan dan minum air dingin secara berlebihan dan terus menerus juga tidak baik bagi tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal,"Papar Dr Arma Rosita Heliantin

     Dengan adanya Pembinaan dan Pembentukan Gerakan Masyarakat Sehat ( GERMAS ) ini Kepala Desa Winong Suyanto diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan disekitarnya. Karena lingkungan yang bersih adalah awal dari hidup yang sehat. Antara lain, Salinan/ Tenaga Kesehatan, Asi Eksklusif,Menimbang bayi&Balita,Menggunakan Air bersh,Cuci Tangan Pakai Sabun,Jamban Sehat,Membrantas Nyamuk,Makan Buah & Sayur,Aktifitas Fisik,Tidak Merokok "Tutup Kades Winong Suyanto ( samsul / A-6 )

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved