Senin, 21 November 2022

Pemdes Watukosek Monitoring dan Evaluasi Peraturan Desa tentang APBDesa Tahun 2022

Pemdes Watukosek Monitoring dan Evaluasi Peraturan Desa tentang APBDesa Tahun 2022


Realita.co.id,
Melanjutkan agenda Monitoring dan Evaluasi ( Monev ), Tim yang dipimpin oleh Kepala Desa Watukosek Maskur S.Pd serta Camat Gempol Ridwan Haris tidak bisa hadir dikarnakan ada Raker di Kab.Pasuruan maka diwakili oleh Sekcam Gempol Hj Majidah S.E dan PMD kantor Camat Gempol Wahyu dan Yuniar dan Pendamping Eko Subianto S.Pd ,Sekdes Watukosek Selamet Mulyadi dan Ketua BPD diwakili oleh Junaihil beserta Kepala Kewilayahan / Kasun Tamping Sumantri serta Perangkat Desa Watukosek .dan Bhabinkabtimmas.


AANG ALWIRA dan Babinsa DAYAD  dilaksanakan di ruang rapat Kantor Balai Desa Watukosek pada Senin (21 / November /2022  ).siang pukul 09.00 WIB.Dalam sambutannya Kepala Desa Watukosek Maskur S.Pd "Menyampaikam maksud dan tujuan kehadiran Tim Kecamatan Gempol hari ini .Beliau juga menyampaikan agar apa yang disusun dalam Ranperdes ini selalu mengacu pada regulasi yang berlaku saat ini .Program dan kegiatan yang dianggarkan agar tetap memgacu pada Perdes RKPDesa yang telah ditetapkan sebelumnya dan segera dibahas dengan anggota BPD sebelum dilanjutkan dengan evaluasi di Kecamatan.Dilanjutkan dengan Pelaksanaan Monev, memastikan tentang Penyusunan Ranperdes ini sudah tercover dalam Perdes RKPDesa ,diadakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Dana Desa Tahap Tahun 2022 dari Tim Kecamatan Gempol. Dalam kegiatan ini Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Watukosek bersama Tim Monitoring , BPD, Pendamping Desa, Kepala Desa dan Perangkat Desa Watukosek memantau realiasasi pelaksaan kegiatan yang bersumber dari Dana Desa tahap  tahun 2022 diantaranya:1. Bukti-bukti pengeluaran yang sah (SPJ) permasing-masing kegiatan 2. Buku-buku administrasi kegiatan 3. Laporan dan Dokumentasi pelaksanaan kegiatan 4. Fisik Kegiatan 5. RAB Kegiatan ,Pada kegiatan  ( Monev ) ini, yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi dan pelaksanaan kegiatan pembangunan fisik yang ada di Desa Watukosek.


 Materi monev terkait pengerjaan administrasi meliputi dokumen RPJM Desa, RKP Desa, SPJ, Dokumen BLT-DD, dan dokumen penting lainnya. Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik Desa Tahunan sudah berjalan baik, lanjut antar BPD dan Kaur dan Kasi serta Perangkat Desa Watukosek agar pengerjaan administrasi kegiatan pemerintahan desa lebih terarah, terperinci, lengkap dan teratur sesuai tugas pada tupoksi masing-masing. Selain itu juga disarankan untuk melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap, baik administrasi maupun fisik yang sudah dipaparkan dalam hasil evaluasi,Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan Desa Watukosek pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan dua bulan sekali ke Kantor Desa. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah Desa Watukosek agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Desa Watukosek sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya,Secara keseluruhan administrasi desa dan pembangunan fisik Desa Watukosek sudah berjalan baik, hanya saja perlu koordinasi lebih lanjut antar BPD dan Kaur dan Kasi dan Perangkat Desa Watukosek agar pengerjaan administrasi kegiatan pemerintahan Desa lebih terarah, terperinci, lengkap dan teratur sesuai tugas pada tupoksi masing-masing."Papar Kepala Desa Watukosek Maskur S.Pd ,


      Bertujuan untuk memastikan hal-hal yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan mengetahui hasil  Monitoring dilakukan mengetahui kemajuan pelaksanaan program Desa Watukosek dan melakukan tindakan perbaikan agar pelaksanaan program Desa dapat berjalan lebih baik. Evaluasi  terhadap program desa dilakukan untuk mengetahui pencapaian target pelaksanaan program desa ,Dalam arahannya Kepala Kewilayahan / Kasun Tamping Sumantri menyambut baik dan mengapresiasi program Monitoring dan Evaluasi ( Monev ) yang langsung menyentuh pemerintahan Desa Watukosek sebagai ujung tombak pemberian pelayanan lansung kepada masyarakat Tamping khususnya  Pertemuan-pertemuan yang melimbatkan RT/RW.BPD,Perangkat Desa dapat memperkuat kelembagaan dan menumbuhkan semangat yang mencerminkan bahwa tujuan pemerintahan daerah kabupaten Pasuruan hingga ketingkat Desa adalah sama yakni untuk kesejahteraan masyarakat. Hal yang perlu menjadi perhatian bersama untuk mensejahterahkan rakyat yaitu pengentasan kemiskinan diDusun Tamping Ketahanan Pangan antara lain 560 bibit pisang Kepok dibagi dua kelompok .1 Kelompok Pokok e Ichlas 2.Kelompok Pisang Kepok Tamping.dan ada Pembangunan Pemasangan Pipanisasi Dusun Tamping Desa Watukosek tanam pipa dalam 0.40 cm.Panjang 1.004.83 M.Pelaksana TPK Dusun Tamping.Pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Desa Watukosek Terpadu menghasilkan beberapa kesimpulan salah satu diantaranya adalah untuk jangka pendek th  2022-2023  Dana Desa yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat Tamping yaitu dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan. Program Ketahanan pangan melalui pemberdayaan masyarakat harus berkesinambungan melalui kelompok masyarakat yang diikutkan dalam penyertaan yang diatur dalam Peraturan Desa. Adapun rekomendasi kegiatan sebagai beriku:1 Pemerintah Desa Watukosek diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Program Desa secara mandiri sehingga program dapat dilaksanakan secara berkesinambungan"Tutup Kepala Kewilayahan / Kasun Tamping Sumantri(Samsul /A-6)

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved