Kamis, 17 November 2022

Sosialisasi Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Tahun 2022

Sosialisasi Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Tahun 2022




Kabupaten Bogor, Realita.co.id - Dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat terkait pelayanan, Dinas kesehatan kabupaten Bogor Sosialisasikan hasil evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik Tahun 2022. (Kamis, 17/11/2022).

Hal tersebut mengacu pada 3 Dasar Hukum, yaitu :
1.UU nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik pasal 7 ayat 3 huruf c yang mengamanatkan pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi kinerja penyelenggaraan. 
2.Peraturan ombudsman republik Indonesia nomor 22 tahun 2016 tentang penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik. 
3.Peraturan menteri menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi republik Indonesia nomor 17 tahun 2017 tentang pedoman penilaian kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik.

SUMBER DAYA MANUSIA
Berdasar data jumlah Sumber Daya Manusia di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor tahun 2022 terdiri dari Pegawai PNS 122 orang dan Non PNS 96 orang, dengan Total jumlah 218 orang Pegawai. 


MAKLUMAT PELAYANAN 
Demi terus menjaga kwalitas kinerja, Dinas kesehatan kabupaten Bogor juga mengeluarkan maklumat yang terpasang di ruang pelayanan. Adanya maklumat ini untuk mensosialisasikan pelayanan yang telah ditetapkan sebagai standar pelayan. 


Isi Maklumat Pelayanan Dinkes sebagai berikut ;

“Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar pelayanan yang telah ditetapkan serta siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku Maklumat tersebut dibuat oleh kepala Dinas kesehatan Kabupaten Bogor (drg. Mike Kaltarina, MARS).


VISI DAN MISI DINKES 
Melalui Website Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor juga sosialisasikan visi dan misi. 
Visi
“Terwujudnya masyarakat Kabupaten Bogor yang mandiri untuk hidup sehat”

Misi
1.Meningkatkan kemandirian masyarakat dalam jaminan kesehatan nasional.
2.Meningkatkan pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas. 
3.Meningkatkan daya dukung pelayanan kesehatan 

Sebagai langkah solusi memudahkan masyarakat dalam proses perizinan Dinkes Kabupaten Bogor, mengeluarkan standar pelayanan melalui media website.



SK standar pelayanan publik melalui website Melalui surat keputusan kepala Dinas kesehatan Kabupaten Bogor yang berbunyi Daftar standar pelayanan publik yang tercantum dalam SK Satu penilaian kesesuaian apotek.

Berdasarkan keputusan kepala Dinas pendidikan Kabupaten Bogor nomor 440/sk-46/Yankes/III/2022.


Telah menetapkan standar pelayanan publik melalui website 
Daftar standar pelayanan publik yang tercantum dalam SK.
1.Penilaian kesesuaian apotek. 
2.Penilaian kesesuaian toko obat. 
3.Penilaian kesesuaian klinik 
4.Penilaian kesesuaian RS kelas c dan d 
5.Rekomendasi izin praktek mendirikan bidan 
6.Rekomendasi izin praktek mandiri perawat 
7.Pencabutan izin apotek 
8.Pencabutan izin apoteker 
9.Pencabutan izin praktek ttk 
10.Sertifikat like sehat 
11.Pengendalian vektor SPP IRT dan CPPB-IRT 
12.Pengantar penyuluhan PKRTT dan Toko Alkes 

Selain Itu Dinkes juga memberikan SK Pelaksana Pelayanan Publik Tahun 2022 melalui surat keputusan kepala Dinas kesehatan Kabupaten Bogor, Nomor:440/SK-07/YanKes/2022/. Tentang pembentukan tim kegiatan penilaian kesesuaian perizinan berusaha dan non berusaha sektor kesehatan pada dinas kesehatan kabupaten Bogor Tahun 2022.

SARANA DAN PRASARANA DINKES
Sarana dan Prasarana Pelayanan Publik yang tersedia di Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor diantaranya : 
- Sarana Parkir
- Security
- Cuci Tangan 
- Cek suhu tubuh.


- Area pelayanan publik 
- Ruang laktasi yang dilengkapi dengan media promosi pelayanan publik seperti banner televisi dan kursi tunggu.



- Sarana ibadah dan toilet terpisah antara laki-laki dan perempuan juga


Untuk sarana dan prasarana penanganan darurat medis dan kantin. 

Terdapat juga sarana ramah disabilitas diantaranya ruang pelayanan khusus parkir khusus dan toilet khusus.


Untuk masyarakat yang membutuhkan pengaduan dinas kesehatan kabupaten Bogor juga menyediakan media promosi dan pengaduan berupa standing banner, televisi dan kotak saran, pengaduan dan ruang pengaduan. 

HOTLINE LAYANAN PENGADUAN DINKES

Untuk pengaduan juga tersedia HOTLINE layanan pengaduan Dinas kesehatan melalui; 
- Telepon : 021 879 125 118 
- WhatsApp : 0812 1234 9911 
- Email : dinaskesehatankabupatenbogor@gmail.com 
- Twitter : @dinkesBogor 
- Instagram : @promkes_Kabupaten_Bogor 

LAPORAN PERSENTASE KEPUASAN PELAYANAN

Laporan persentase kepuasan pelayanan terpadu dinas kesehatan kabupaten Bogor periode januari - Oktober 2022.
Berdasarkan hasil pengumpulan data tingkat kepuasan pelayanan dinas kesehatan kabupaten Bogor bulan januari-september 2022 didapatkan hasil bahwa seluruh nya memilih puas dan sangat puas dengan rata-rata sangat puas sebesar 64% puas sebesar 36% dengan total responden sebanyak 868 orang.
LAPORAN PENGADUAN KATEGORI SEDANG DAN BERAT

DOKUMENTASI LAPORAN PENGADUAN MASYARAKAT 


Adapun untuk rekapitulasi laporan pengaduan kategori sedang dan berat periode 2020-2022 Berikut dokumentasi penanganan pengaduan masyarakat Satu kasus membawa jenazah dengan motor Pengaduan bidan praktek mandiri tanpa izin Pengaduan perawat praktek mandiri tanpa izin.

Adi/RLT

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved