Minggu, 13 November 2022

Ungkapan Rasa Syukur, Kepala Desa Kejapanan Gelar Sedekah Bumi Dua Hari Dua Malam

Ungkapan Rasa Syukur, Kepala Desa Kejapanan Gelar Sedekah Bumi Dua Hari Dua Malam


Realita.co.id,
Sedekah bumi merupakan tradisi peninggalan para leluhur yang melekat di kalangan masyarakat Kejapanan umumnya, Kepala Desa Kejapanan Rendy S.Pd, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan saat ditemui Awak Media dilokasi acara pada Minggu 13/November/22 Siang,yang hadir ,Anggota DPRD Kab.Pasuruan Fraksi Gerindra Komisi tiga H.Ilyas SH.dan Kepala Desa Kejapanan Rendy S.Pd, serta Sekdes Jumadi.dan RW/RT/ dan Karang Taruna .dan Perangkat Desa dan BPD serta anggota dan Bhabinkabtimmas Bhowo Babinsa Moch Umar serta Toga/ Tomas. Acara selanjutnya Rendy lalu mengatakan, 


Kami selaku Kepala Desa Kejapanan tahun 2019- 2025 yang hingga saat ini masih berusaha mempertahankan dan melestarikan tradisi yang telah diwariskan secara turun - temurun sejak zaman Kepala Desa Syaiful pada tahun 2018 dengan memperkenalkannya kepada generasi muda.Ia menjelaskan, sedekah bumi atau ruwat bumi merupakan sebuah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun di desanya, sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Sang Pencipta atas segala nikmat yang tercurah seperti, kesehatan, keselamatan serta hasil bumi yang melimpah. Selain itu bertujuan untuk melestarikan budaya tradisional,,"Ini adalah wujud rasa syukur kami kepada Tuhan. Selain itu, tujuan kami melaksanakan ritual sedekah bumi adalah untuk menjaga dan menumbuh kembangkan tradisi warisan para leluhur supaya tidak tergeser oleh zaman,Tambahnya acara  Sedekah bumi merupakan tradisi peninggalan para leluhur yang melekat dua hari dua malam pada hari sabtu tanggal 12/22 pukul 0600 WIB Acara  Senam Pagi.lanjut pukul 18.00 WIB Hiburan Orkes pada hari minggu 13/22 pukul 08.00 WIB Tasyakuran Desa  acara ( Gununungan Aneka Makanan . Arakan ) dan Penilaian lombah Tumpengan 27 RW. lanjut pukul 18.00WIB Acara Hiburan Ludruk " Papar Kepala Desa Kejapanan Rendy S.Pd.Acara selanjutnya Serangkaian acara yang diawali dengan do'a, makan bersama -sama dan pemberian Dorpres pada 27 RW yang mengikuti lombah Tumpengan yang terbaik adalah (`1 ).no urut 11. ( 2 ) no urut 08 ( 3 ) no urut 19.( 4 ) no urut 13.( 5 ) no urut 07.( 6 ) no urut 18 ( 7 ) no urut 02 ( 8 ) no urut 01 ( 9 ) no urut 20.( 10 ) no urut 14.Pada kesempatan  acara sedekah bumi atau ruwat bumi Kepala Desa Kejapanan Rendy S.Pd" Menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pihak 27 RW yang telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam pelaksanaan rangkaian acara sedekah bumi tahun ini " Terang Rendy S.Pd.



           Komisi 111 Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Pasuruan H.Ilyas SH Sekaligus yang hadir Acara sedekah bumi  tersebut, langsung memberikan apresiasi terhadap sikap gotong royong yang ditunjukkan oleh masyarakat Kejapanan Kecamatan Gempol Kab.Pasuruan dengan memikul bersama - sama beban pemerintah desa sehingga rangkaian acara sedekah bumi dapat terselenggara dengan baik. Ilyas berharap kepada masyarakat Kejapanan untuk lebih meningkatkan kegotong royongan, terutama dalam proses pembangunan yang akan datang atau sedang dilaksanakan oleh pemerintah desa, untuk menjadikan Desa Kejapanan semakin maju dan menjadi yang terdepan."Kegiatan ini merupakan bentuk syukur rakyat Kejapanan untuk memohon pada Allah, diwujudkan dengan seluruh warga sedekah serta membuat nasi kuning dan nasi tumpengan ,dalam upacara adat itu terdapat puluhan nasi yang dibuat warga dari 18 pedukuhan di Desa Kejapanan. Sedekah tersebut wujud  keikhlasan dan mendekatkan kepada Allah dan menolak bahaya. menuju masyarakat Kejapanan sejahtera. "Tutup ILYAS SH ( samsul/ A-6 )


*

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved