Kamis, 29 Desember 2022

103 Wartawan Ikuti Uji Kompetensi

103 Wartawan Ikuti Uji Kompetensi



Sebanyak 103 wartawan media cetak dan elektronik dari berbagai daerah di Jawa Barat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Salak The Heritage, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Selasa (27/12/2022).

Kegiatan UKW yang merupakan angkatan 53, 54 dan 55 ini terselenggara berkat kolaborasi antara Pemprov Jawa Barat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang secara resmi dibuka Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Pada pembukaan itu turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat dan Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti.

Dihadapan para peserta UKW, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan, UKW sangat penting. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat mendorong karena akan meningkatkan komunikasi sebagai evaluasi bagi wartawan dalam menghadapi perubahan yang serba cepat, meningkatkan standarisasi dan kualitas wartawan agar lebih profesional sehingga mampu mencerdaskan masyarakat Jawa Barat melalui informasi dan berita yang baik dari sumber yang terpercaya.

Uu sapaannya menyebutkan, Jawa Barat dengan jumlah penduduk sebanyak 50 juta jiwa yang tersebar di 27 kota/kabupaten, 6.400 desa dan 700 kelurahan sangat membutuhkan sekali komunikasi yang baik antara pemimpin dan rakyatnya untuk mendukung dalam membuat keputusan-keputusan yang sesuai harapan rakyatnya.

“Kami butuh media dan wartawan yang memiliki integritas yang tinggi. Baik dan tidak sebuah media ditentukan kualitas wartawannya, karena itu UKW adalah kegiatan yang sangat hebat dan memberi manfaat serta efek multi dimensi karena itu Pemprov Jawa Barat mendorong dan mendukung kegiatan UKW,” kata Uu.

Disamping itu, melalui media pemimpin mampu mengatasi keterbatasan pandangan, pendengaran maupun tangan dan rakyat menjadi lebih mudah untuk komunikasi dengan pemimpin. 

Apalagi di era digital saat ini kata Uu, selain kualitas konten yang harus diperhatikan, kecepatan dan ketepatan tayang sangat menentukan, baik atau tidaknya kualitas media dan jumlah pembacanya. 

Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mendukung program Pemprov Jawa Barat untuk mencetak 1.000 wartawan yang tersertifikasi. 

“Luar biasa atas kesempatan yang diberikan Pemprov Jawa Barat bagi para wartawan, karena tidak semua provinsi melakukan hal ini sehingga kami menjadi lebih tenang karena wartawannya demikian profesional dan sudah tersertifikasi sehingga kami jadi lebih bebas untuk bermitra,” kata Syarifah. 

“UKW ini menjadi salah satu langkah dari ikhtiar kita dalam meningkatkan kualitas wartawan di Jawa Barat. Salah satu penyebabnya karena penduduk Jawa Barat itu padat dan media serta wartawannya juga banyak. Jika tidak terkualifikasi dengan baik, bisa keluar dari standar yang di akidahkan dalam jurnalistik,” ujar Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat

Ketua Panitia UKW, Ahmad Supri menuturkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari roadshow Uji Kompetensi Wartawan Persatuan Wartawan Indonesia (UKW PWI) ke seluruh daerah di Jawa Barat. Kota Bogor menjadi titik kedua setelah sebelumnya Kota Bandung sebagai lokasi pertama. 

Dari 103 peserta UKW terdiri dari 18 kelas, dengan rincian 13 jenjang muda, 4 jenjang madya dan 1 jenjang utama. 

Program UKW ini kata Ahmad Supri, akan berlanjut hingga September tahun 2023 atau setiap bulan digelar UKW sehingga ketika program ini berakhir akan tercatat PWI Jawa Barat dan Pemprov Jawa Barat telah mencetak kurang lebih 1.000 wartawan kompeten. 

Pada kesempatan itu, Ahmad Supri menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak atas dukungan kegiatan yang diharapkan memberi manfaat bagi semua.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved