Sabtu, 10 Desember 2022

3.200 Orang Meriahkan Festival Senam Pancakarsa Tahun 2022

3.200 Orang Meriahkan Festival Senam Pancakarsa Tahun 2022



CIBINONG (Realita.co.id) - Sebanyak 3.200 orang memeriahkan Festival Senam Pancakarsa ke-3 tahun 2022, di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (12/12). Acara dibuka Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), para Asisten, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, beserta jajaran kepala dinas lainnya, para Camat, para Direksi BUMD, dan Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Bogor. 

Untuk diketahui, senam Pancakarsa ini diciptakan sesuai kaidah olahraga senam dan memenuhi ciri umum olahraga kesehatan, yaitu massal, mudah, murah, meriah, manfaat serta aman. Senam Pancakarsa menjadi senam khas Kabupaten Bogor yang beda dari olahraga senam lainnya.


Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta yang terlibat, menurutnya ini adalah olahraga hiburan, semua harus ceria dan bahagia.

“Kalah menang bukan yang utama, yang terpenting adalah kebersamaan dan bahagia, karena bahagia adalah sebab dari kita hidup sehat, kalau kita bahagia Insyaallah hidup kita sehat,” ujar Iwan.

Untuk itu, kata Iwan, saya mengapresiasi KORMI Kabupaten Bogor yang bisa melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan 3.000 lebih peserta, yang tentunya ingin hidup sehat.

“Kami Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui KORMI hadir untuk mengajak masyarakat menjalankan pola hidup bersih dan sehat, salah satunya adalah olahraga.

Ia menambahkan, hari ini olahraga yang kita laksanakan adalah senam Pancakarsa, yakni olahraga ceria yang diinisiasi oleh Pemkab Bogor. Tujuannya ingin masyarakat Kabupaten Bogor menjadi masyarakat yang gemar olahraga dan hidup sehat.


Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Bogor, Usep Supratman menjelaskan, Festival Senam Pancakarsa tahun ini diikuti 320 peserta, masing-masing peserta terdiri dari 10 orang, jadi total ada 3200 orang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor yang sudah mendukung program KORMI, kepada seluruh jajaran Pemkab Bogor, dan seluruh pengurus KORMI Kabupaten Bogor. Tanpa dukungan tersebut KORMI Kabupaten Bogor tidak ada apa-apanya,” tandas Usep.
 
Usep menerangkan, sesuai dengan Undang-Undang Keolahragaan Nasional, kini KORMI sudah sejajar dengan KONI. Oleh sebab itu kami ingin ada perlakuan yang sama antara keduanya.

“Tahun 2023, Jawa Barat menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-7. Kami mohon dukungan, KORMI Kabupaten Bogor akan menjadi bagian dari tuan rumah FORNAS,” terangnya.


Ketua KORMI Jawa Barat,  Denda Alamsyah menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada KORMI Kabupaten Bogor. Menurutnya, tahun lalu ia datang ke Kabupaten Bogor peserta yang ikut Festival Senam Pancakarsa sangat banyak, begitu diulang lagi tahun ini ternyata tambah banyak pesertanya. KORMI Kabupaten Bogor dan para penggiat olahraga rekreasi masyarakat Kabupaten Bogor menjadi barometer untuk KORMI kabupaten/kota lainnya.


“Jawa Barat mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah FORNAS ke-7 tahun 2023. Saya yakin dengan semakin berkembangnya para penggiat olahraga masyarakat di Kabupaten Bogor, akan turut menyumbangkan atlet-atlet yang akan bertanding di FORNAS ke-7 di Jawa Barat. Insyaallah Jawa Barat akan menjadi juara umum,” kata Denda Alamsyah. 

(AS/TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved