Senin, 05 Desember 2022

*6 Kali Berturut-turut WTP, Kota Bogor Terima Piagam dan Plakat*

*6 Kali Berturut-turut WTP, Kota Bogor Terima Piagam dan Plakat*


Realita.co.id,
Kota Bogor menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas keberhasilannya dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan Tahun 2021 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Penghargaan yang diterima dilengkapi pemberian plakat sebagai penghargaan atas capaian opini WTP lima kali berturut-turut untuk laporan keuangan pemerintah Kota Bogor (Pemkot) dari tahun 2017 sampai dengan 2021. 


Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim secara langsung menerima penghargaan yang diberikan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bogor, Judika Sirait di Paseban Punta, Balai Kota Bogor, Senin (5/12/2022).

“Kita bersyukur atas prestasi dan capaian yang didapat, karena kita tahu bukan hal yang mudah dan mempertahankan lebih sulit. Menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan meningkatkan kualitasnya agar meraih capaian serupa yang lebih baik ke depan. Uang rakyat kembali ke rakyat bukan sebatas slogan, tetapi betul-betul diimplementasikan di Kota Bogor dan diuji dan diaudit oleh BPK,” kata Dedie didampingi perwakilan BKAD dan Inspektorat Kota Bogor. 

Selain kerja keras mempertahankan dan meningkatkan capaian yang telah diraih, Dedie berharap bimbingan dan arahan bagi Pemkot Bogor dalam menyajikan pengelolaan serta laporan keuangan secara transparan dan akuntabel memenuhi standar akuntansi pemerintah yang memadai, sehingga Pemkot Bogor bisa mempertanggungjawabkan pemanfaatan dan penggunaan seluruh anggaran yang ada seluas-luasnya untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. 

Apresiasi secara langsung diungkapkan Kepala Kantor KPPN Bogor, Judika Sirait atas penghargaan yang diberikan mengingat tahun 2021 merupakan tahun yang sulit dengan segala keterbatasan anggaran, tetapi pemerintah daerah bisa melakukannya, mulai dari perencanaan penganggaran hingga pertanggungjawaban dalam bentuk laporan keuangan secara prudent (hati-hati) dan memenuhi unsur-unsur secara material, termasuk berjalannya fungsi pengendalian secara internal.

“Ketika itu berjalan, penyajiannya memenuhi segala peraturan maka opini BPK selaku auditor memberikan opini tingkat yang tertinggi. Selain piagam penghargaan, kebetulan untuk tahun 2021 diberikan plakat bagi opini WTP 6 kali berturut-turut. Semoga ini menjadi satu kebiasaan hingga 10 kali berturut-turut dan mendapatkan insentif fiskal yang tentunya akan memudahkan pemda untuk lebih bergerak dalam mensejahterakan warganya,” kata Judika.

Dalam penyerahan tersebut, Kepala Kantor KPPN Bogor, Judika Sirait didampingi Kasubag Umum, Anang Setiawan, Kasi Verifikasi Akuntansi, Riyadi Wibowo dan Kasi Bank, Anna.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved