Sabtu, 31 Desember 2022

*Asyik, Jalan KH.Tb.Muhammad Falak Kini Bisa Dilintasi*

*Asyik, Jalan KH.Tb.Muhammad Falak Kini Bisa Dilintasi*


Realita.co.id,
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali membuka akses jalan KH.Tb.Muhammad Falak yang menghubungkan antara kawasan Kecamatan Bogor Barat dan Kecamatan Bogor Tengah yang sempat ditutup karena longsor pada 11 Oktober 2022 lalu.

Mulai Sabtu, (31/12/2022) akses jalan KH.Tb.Muhammad Falak sudah bisa dilintasi kendaraan roda dua maupun roda empat, dari arah Gunung Batu menuju arah Jalan Semeru ataupun sebaliknya.
Namun sementara ini dikecualikan bagi bus/truk/kendaraan tonase besar.


Pembukaan akses jalan KH.Tb. Muhammad Falak dilakukan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Chusnul Rozaqi beserta pihak kelurahan, kecamatan, serta tokoh agama dan warga yang antusias menyaksikan kembali dibukanya akses jalan untuk bisa dilintasi.

Perbaikan jembatan yang dimulai pada pertengahan November 2022 ini selesai diperbaiki di akhir Desember sehingga memakan waktu hampir dua bulan.

"Ini lebih cepat dari yang diperkirakan, total pembiayaan sekitar Rp 2,1 miliar, perbaikan ini melibatkan banyak pihak, jadi saya berterimakasih kepada kepolisian, TNI-Polri yang telah melakukan antisipasi pengamanan, pengawalan dan pengkondisian mengatur lalu lintas," kata Bima Arya saat membuka akses jalan untuk bisa dilintasi.

Pada kesempatan itu, Bima Arya menyampaikan terima kasih kepada warga yang terdampak karena telah bersabar dan meminta maaf karena akses jalan sempat terganggu karena ditutupnya akses jalan pasca longsor dan saat perbaikan.

"Dan terima kasih juga kepada PUPR, camat, lurah, warga semua yang telah mengawal pembangunan ini sehingga lebih cepat daripada targetnya dan mulai detik ini juga jalan sudah bisa digunakan," katanya.

Tahap selanjutnya, untuk mengantisipasi agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi, Pemkot Bogor akan melakukan perbaikan pada sisi kanan jalan yang kondisinya rawan longsor.

"Dan ini pembelajaran juga bagi semua dan juga apabila ada hal-hal yang harus dikerjakan harus betul-betul diantisipasi tidak menunggu, sehingga menimbulkan dampak yang lebih besar lagi," katanya.

Perbaikan lanjutan sayap jembatan, Jalan KH.Tb. Muhammad Falak akan kembali dilanjutkan di awal tahun 2023.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, perbaikan lanjutan ini masih masuk ke dalam perbaikan infrastruktur akibat dampak dari bencana.

"Karena kemarin tidak tertangani, jadi langsung longsor semua dan lanjutan ini dilakukan perbaikan untuk antisipasi," ujarnya.

Untuk anggaran pembiayaan kata Chusnul, saat ini pihaknya masih melakukan perhitungan kembali anggaran yang dibutuhkan.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved