Jumat, 16 Desember 2022

Dua Pekan Menjelang Pergantian Tahun, Puluhan Desa di Bangkalan Belum Ajukan Pencairan DD Tahap 3 2022

Dua Pekan Menjelang Pergantian Tahun, Puluhan Desa di Bangkalan Belum Ajukan Pencairan DD Tahap 3 2022


Realita.co.id,
Bangkalan - Jelang akhir tahun 2022 Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan menyebut, banyak desa belum mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap 3 tahun 2022. Padahal, pergantian tahun tersisa 15 hari lagi.

Analis Perbendaharaan Negara BPKAD Bangkalan Sarwono menyampaikan, memasuki pertengahan Desember ini pencairan dana desa belum mencapai 100 persen. Sekitar 49 dari 273 desa belum mengajukan pencairan DD tahap 3. Dikhawatirkan, akibat keterlambatan pengajuan tersebut berdampak pada realisasi dan laporan. Apalagi jika penggunaannya untuk pembangunan fisik.

“Ya DD tahap tiga harus selesai tahun ini, sebelum tutup buku,” tegasnya, Jumat (16/12/2022).

Sarwono tidak menyebutkan secara detail 49 desa tersebut. Namun Ia menjelaskan keterlambatan pengajuan pencairan DD dari puluhan desa di Kota Dzikir dan Shalawat tersebut, dampak dari realisasi tahap 2 yang belum selesai dikerjakan. Sehingga, desa tidak bisa mengajukan untuk pencarian DD tahap 3 tahun ini.

“Setiap kali pekerjaan atau realisasi DD harus dilakukan yang namanya monitoring. Apabila realisasi DD tahap sebelumnya belum selesai, maka tahap berikutnya belum bisa mengajukan,” lanjut Sarwono.

Sarwono juga menjelaskan, bahwa pengajuan pencairan DD setiap tahunnya harus melalui beberapa tahapan. Rinciannya, pada tahap 1 dan 2 besaran pencairan pencairan masing-masing sebanyak 40 persen. Sedangkan 20 persen pencairan DD pada tahap 3.

Sarwono mendorong desa yang belum mengajukan dana desa tahap 3 agar segera menyelesaikan syarat administrasi, agar dana desa segera dicairkan. Apabila DD 2022 tidak terserap 100 persen hingga akhir tahun, uang tersebut akan masuk dalam sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa). “Jika tidak terserap bisa dijadikan Silpa saja, lebih aman,” pungkasnya.

(eMHa)

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved