Rabu, 21 Desember 2022

*Kejuaraan Lari Trail Pelajar Pertama Kali di Indonesia, Pemenang Dapat Japres*

*Kejuaraan Lari Trail Pelajar Pertama Kali di Indonesia, Pemenang Dapat Japres*


Realita.co.id,
Pelajar se-Kota Bogor mengikuti kejuaran lari trail atau nge-trail pemersatu pelajar yang digelar Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, yang dimulai dari titik start dan finish di ASTON Bogor Hotel & Resort, Bogor Nirwana Residence (BNR), Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Rabu (21/12/2022).

Ada dua kategori lari trail yang diikuti para pelajar, yakni lari trail 5K untuk pelajar SMP dan trail 7K untuk pelajar SMA.


Sebelum membuka kejuaraan Trail Pelajar se-Kota Bogor, Wali Kota Bogor, Bima Arya lebih dahulu mengajak para peserta untuk stretching atau peregangan dan meneriakan yel-yel ALTI, ALTI solid, ALTI Bangkit, Alti Ngehits.

Kejuaraan lari pelajar ini, kata Bima Arya, merupakan sejarah bagi olahraga lari trail dan juga sejarah bagi dunia pendidikan di Kota Bogor, karena pertama kalinya di Indonesia diadakan lari trail khusus pelajar.

"Terima Kasih Kadisdik, Kadispora dan KONI Kota Bogor dan juga saya dibantu oleh Sekum ALTI mas Nanang sehingga ini bisa terlaksana," katanya.

Saat ini, lanjut Bima Arya, ALTI yang saat ini berusia lima tahun sudah dibentuk di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Lari trail ini merupakan lari lintas alam melintasi perbukitan, pegunungan, pesisir pantai dan sebagainya.

Rute Lari Trail Pelajar se-Kota Bogor, yang diikuti oleh puluhan pelajar tingkat SMP dan SMA ini melintasi rute Kampung Pabuaran, Kampung Palasari dan Ciranjang, Pamoyanan.

Setelah melintasi perkampungan, setibanya di bukit Desa Berdaya, Pamoyanan, pelari disuguhkan pemandangan wilayah Kecamatan Bogor Selatan dari ketinggian dengan view Gunung Salak.

Jalur yang dilintasi para pelari ini memang cukup menantang dengan kondisi kontur bertanah yang sisi kanan kirinya ditumbuhi ilalang.

"Iya, lari melintasi tempat-tempat yang menantang, bisa jadi elevasinya tinggi bisa jadi sedang, bagus untuk kesehatan, bagus juga untuk kejiwaan, bagus juga untuk persahabatan dan bagus untuk mendorong pariwisata di Indonesia," katanya.

Selain mendapat pemandangan yang indah dan udara yang segar, lanjut Bima Arya lari trail ini juga sebagai upaya untuk  membangun karakter anak-anak muda di Indonesia untuk memperkuat stamina dan mental.

Meski lari lintas alam, Lari Trail Pelajar se-Kota Bogor memiliki keamanan yang cukup dengan disediakannya para petugas di setiap titik, penyediaan air minum dan tim medis yang disebar di banyak titik.

Yang paling menarik, dalam kejuaraan lomba lari pelajar se-Kota Bogor ini peserta yang berhasil menjadi juara bisa melanjutkan sekolah negeri dengan menggunakan jalur prestasi kejuaraan lari trail.

"Pemenang bisa mengikuti jalur prestasi untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, ini kerja sama yang baik sekali antara Dispora dan Dinas pendidikan," ujarnya.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved