Rabu, 21 Desember 2022

Penerima Manfaat Program Kurma, Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas

Penerima Manfaat Program Kurma, Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas

Penerima Manfaat Program Kurma, Ikuti Pembinaan Peningkatan Kapasitas

Sebanyak 49 orang penerima bantuan permodalan, program Kurma pada kelompok perempuan yang berbasis RT, dengan tujuan setiap  RT memiliki satu produk unggulan UMKM. Mengikuti  pembinaan UKM/UMKM dalam peningkatan kapasItas usaha pasca pencairan dana anggaran Tahun 2022, di pendopo kantor Kecamatan Porong 21/12/2022 Rabu pagi.

Dalam hal itu, nampak hadir Erna Kusumawati Kabid Dinas Koperasi Kabupaten Sidoarjo, H. Widagdo anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Dra. Hj. Ainun Jariyah anggota DPRD Sidoarjo dan Camat Porong Choirul Anam melalui Santoso Sekretaris Camat Porong.

Menurut Dra. Hj. Ainun Jariyah anggota DPRD Sidoarjo menjelaskan sangatlah wajar setelah kelompok usaha,  mendapatkan kucuran dana program Kurma ada pendampingan, dan ada penguatan. Sehingga tujuan yang baik dari Bupati Sidoarjo itu, bisa memberikan output yang baik. Diketahui untuk di Kabupaten Sidoarjo, peningkatan pengangguran cukup banyak setelah pandemi Covid-19, ucapnya. 


Sehinga diharapkan adanya kucuran dana program Kurma ini, terutama ibu-ibu dapat memanfaatkan dana tersebut sebaik mungkin. Menghasilkan suatu usaha membantu perekonomian keluarga, tentunya kesejahteraan secara keseluruhan. Namun tidak hanya di wilayah Kecamatan Porong, akan tetapi seluruh masyarakat yang  sudah mendapatkan dana program Kurma di wilayah Kabupaten Sidoarjo, terang Hj. Ainun Jariyah. 

Tentunya tidak berhenti harus ada pendampingan, dan ada peninjauan. Bagaimanapun, sekecil apapun dana yang dikucurkan adalah dana dari pemerintah untuk peningkatan perekonomian masyarakat Kabupaten Sidoarjo. UMKM itu sangat bagus mengasilkan pengangguran dari perusahaan, tentunya yang tidak memadahi dengan jalan ini saya sangat mendukung. Intinya untuk menciptakan lapangan kerja untuk diri secara mandiri, keluarga, dan lingkungan, paparnya.

Tidak menutup kemungkinan, kata Hj. Ainun Jariyah. Usahanya mereka nanti sudah besar, dapat merikrut tenaga kerja, dan dapat membatu pemerintah dalam menurunkan angka pengangguran. Bagi penerima bantuan program Kurma diharapkan proaktif, lebih inovatif, kreatif, agar tidak terpukung yang ada dilingkungan saja. Minimal menambah wawasan dunia luar, mengetahui yang lebih trend apa diwilayah khususnya wilayah Porong, jelasnya.

Jika bisa menembus tidak hanya wilayah Porong saja, tingkatan Kabupaten, bahkan tingkat nasional. Peluang-peluang itu harus jemput bola, dan harus menguasai dunia ITE, Medsos. Saya kira jika menunggu pembeli dari rumah-kerumah, hasilnya akan kurang. Sehingga pemasaran melalui ITE, Medsos, lebih cepat, itupun harus ulet dan perlu ditekuni, ungkap Hj. Ainun Jariyah.

Sementata Camat Porong Choirul Anam melalui Santoso Sekretaris Camat mengatakan intinya kegiatan sosialisasi ini, adminitrasi keuangan bisa tertib. Dan tidak ada penyalahgunaan bantuan program Kurma, minimal dapat mengantisipasi lebih dini. Berharap kedepanya sesuai petunjuk dari Kabupaten Sidoarjo, untuk mengembangkan UMKM agar tidak menganggur menambah ekonomi keluarga, pungkasnya.

Syamsul/A6

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved