Minggu, 11 Desember 2022

*Pengelolaan Sampah Zero Waste di Puncak Pekan HAM Kota Bogor Jadi Role Model Event*

*Pengelolaan Sampah Zero Waste di Puncak Pekan HAM Kota Bogor Jadi Role Model Event*


Realita.co.id,
Pekan Hak Asasi Manusia (HAM) Kota Bogor yang dilaksanakan selama satu pekan penuh memasuki acara puncak yang dilaksanakan di Halaman Bakorwil dan Bogor Creative Center (BBC), Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Sabtu (10/12/2022).

Acara Puncak Pekan HAM menyuguhkan berbagai rangkaian acara, diantaranya ada diskusi utama dan diskusi tematik, serta Gebyar Ekonomi Kreatif, pertunjukkan seni, festival film pendek, konser dan lainnya.


Puncak Pekan HAM Kota Bogor yang dibuka gratis untuk umum ini mendapat animo yang luar biasa dengan hadirnya berbagai elemen masyarakat, anak muda dan pelajar.

Meski dipenuhi pengunjung, namun diarea kegiatan tidak ditemukan sampah berserakan sedikit pun.

Karena, dalam kegiatan ini setiap sampah yang ada langsung dikelola dan tidak dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Ketua Pelaksana Pekan HAM, yang juga Kabag Pemerintahan Setda Kota Bogor, Marse Hendra Saputra mengatakan, petugas dan panitia terus menjaga kebersihan dengan langsung mengelolanya. Mulai dari pemilahan sampah organik dan anorganik.

Sampah organik akan diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik atau plastik akan diserahkan langsung ke bank sampah untuk dikelola menjadi biji plastik daur ulang.

"Sampah yang sudah terkelola baik organik maupun anorganik akan dilaporkan setiap satu jam sekali," katanya.

Terhitung dari data live count hasil rekap penyelenggara hingga pukul 17.00 WIB, sampah organik yang terkumpul sebanyak 231,5 kg dan sampah anorganik sebanyak 146,1 kg.

Ia berharap konsep pengelolaan sampah mandiri ini menjadi role model untuk setiap event.

"Karena memang sudah seharusnya setiap menyelenggarakan acara itu harus ada konsep menerapkan konsep zero waste atau upaya untuk meminimalisir sampah," katanya.

Pengelolaan sampah yang baik ini merupakan bentuk kerja sama dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor dengan Kaktus Indonesia, komunitas yang memang concern terhadap pengelolaan sampah khususnya sampah plastik.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved