Rabu, 21 Desember 2022

PIK Remaja Aregam dan Forum Genre Kota Bogor Juara 1 Tingkat Jabar

PIK Remaja Aregam dan Forum Genre Kota Bogor Juara 1 Tingkat Jabar




Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bogor meraih dua penghargaan pada kategori Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan Forum Genre tingkat Jawa Barat di ajang Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (Adujak) 2022 tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Hotel Grand Sunshine Soreang, Kabupaten Bogor, Senin (19/12/2022). 

Pada kategori PIK Remaja segmentasi berkolaborasi, Kota Bogor berhasil meraih juara satu dan akan mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional pada 2023 nanti. Sementara pada kategori Forum Genre berhasil mendapat predikat Terbaik se-Jawa Barat.

"Pemenang PIK Remaja di tingkat Jawa Barat ini merupakan PIK Remaja terbaik di Kota Bogor yakni PIK Remaja Aregam, Kelurahan Cilendek Timur," ujar Kepala DPPKB Kota Bogor, Rakhmawati saat ditemui langsung di kantornya, Rabu (21/12/2022).

Rakhmawati mengatakan, PIK Remaja Aregam ini sudah terbentuk dan dibina sejak lama. Mereka melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memberikan informasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Rujukan PKBR sampai Pelayanan Konseling atau tempat curhat bagi para remaja di sekitar wilayahnya dengan menjadi konselor sebaya atau pendidik sebaya.

"Kami sudah membekali mereka dengan pelatihan bersama psikolog. Sebagai konselor mereka hanya menjadi pendengar alias untuk keputusan apapun ada pada remaja itu sendiri," jelasnya.

Sebelumnya, tim penilai dari provinsi Jawa Barat melakukan penilaian atas kegiatan dan inovasi dari PIK Remaja Aregam yang diverifikasi melalui lewat media sosial dan langsung di lapangan. 

Sejauh ini PIK Remaja Aregam memang PIK Remaja paling aktif dan selalu menggelar kegiatan yang berkaitan dengan remaja. Ini menjadi poin penting dari penilaian dan membawa PIK Remaja Aregam menjadi juara 1 dan akan mewakili provinsi Jawa Barat di tingkat nasional pada Juni 2023 mendatang di Lombok, NTB.

"Kami akan melakukan persiapan dan pembinaan bersama BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Barat dan memberikan dukungan maksimal agar PIK Remaja Aregam bisa menjadi juara satu tingkat nasional," katanya.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved