Minggu, 18 Desember 2022

Polsek Tanggulangin Prakarsai, Bersih-Bersih Saluran Sungai

Polsek Tanggulangin Prakarsai, Bersih-Bersih Saluran Sungai

Foto : AKP I Putu Angga Feriyana, beserta Kepala Desa Boro M. Soichunnuruddin bergotong royong bersihkan saluran sungai dari sampah. 



Polsek Tanggulangin beserta jajaran, bersama Koramil, Pemerintah Desa Boro, warga dan tiga perguruan pencak silat Pager Nusa, PSHT, IKS,  bergotong royong membersihkan saluran Kedungrowo, dikawasan Desa Boro, Kecamatan Tanggulangin. Serangkaian kegiatan tersebut dipimpin langsung, Kapolsek Tanggulangin AKP I Putu Angga Feriyana. Hadir pula Zahlul Yussar anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo, Danramil Tanggulangin, Kapten ARH. Muklis Hariyanto, Kepala Desa Boro M. Soichunnuruddin, Minggu (18/12/2022) pagi. 

Kapolsek Tanggulangin AKP I Putu Angga Feriyana didampingi Kanit Reskrim Iptu Musran menjelaskan kegiatan kerja bakti dilakukan secara bersama-sama membersihkan saluran, dikarenakan terdapat banyak sampah, enceng, gondok, dan kangkung menyebabkan banjir bebarapa hari yang lalu, ucapnya.
" Kami berinisiatif hari ini, melaksanakan kerja bahkti dititik-titik yang dianggap rawan genangan air. kegiatan ini sengaja mengajak perguruan pencak silat, bertujuan untuk mensinergikan agar kita  kompak, bersatu, guyup, rukun, melakukan hal-hal yang positif. Sebaliknya tidak identik dengan kegiatan-kegiatan negatif, " terang I Putu Angga Feriyana.

Kami berharap setelah kegiatan ini menjadikan momen untuk mereka, rukun, guyup, dan keanggotaanya saling menghormati satu sama lainnya. Dan tidak ada kejadian-kejadian negatif, khususnya di wilayah hukum Polsek Tanggulangin. Kegiatan ini nantinya terus berkelanjutan, dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk saling menjaga keamanan, situasi kawasan Tanggulangin tetap aman, dan kondusif, jelasnya.

Sementara Kepala Desa Boro M. Soichunnuruddin mengakui, adanya kegiatan yang dilakukan Polsek Tanggulangin beserta lainnya, kami sangat senang dan berterimah kasih.  Sebenarnya saluran ini berfungsi, aktif, namun pintu saluran (dam) disebelah barat itu ditutup. Hanya ketika air sungai volume meningkat baru dibuka. Bersih-bersih ini tidak berhenti sampai disini saja, akan tetapi terus akan dilakukan kerja bakti sampai benar-benar saluran itu normal kembali. Itupun nanti berkoordinasi dengan Kecamatan, atau instansi terkait di Kabupaten Sidoarjo. Sehingga warga sadar tidak akan lagi, melakukan pembuangan sampah kedalam saluran, ujarnya. 

Terpisah, Zahlul Yussar anggota DPRD Komisi D Kabupaten Sidoarjo mengatakan pihaknya sangat apresiasi apa yang dilakukan Polsek Tanggulangin. Sinergi Polri, TNI, Kecamatan, Pemerintah Desqa, dalam melakukan kegiatan yang positif yaitu bersih-bersih saluran sungai. Intinya dari kegiatan itu dapat mengedukasi masyarakat, bawasannya ini menjadi PR bersama-sama dan bukan menjadi PR pemerintah saja.
Hal-hal inilah kita harus dorong untuk bergotong-royong, sehingga nantinya menfasilitasi memberikan sarana prasarana seperti dinormalisasi, diplengseng, menjadi aspirasi kepala desa dapat diperjuangkan. Namun yang lebih penting adalah sosialisasi kepada masyarakat, tingkat komunikasi yang dibutuhkan. Sebaliknya percuma dinormalisasi, diplengseng, jika masyarakat masih tidak sadar, dan masih melakukan pembuangan sampah kedalam saluran sungai. Maka sosialisasi, sinergiritas sangatlah penting dan perlu dlakukan agar sama-sama memelihara saluran, paparnya.

" Masyarakat adalah peran utama sangat diperlukan, menjadikan sungai itu bersih. Menanggapi banyaknya bangunan liar disepanjang sungai tersebut, mengutamakan komunikasi, duduk bersama dengan Toga, Tomas, warga dengan Pemerintah Desa mencari win-win solusinya, " katanya. 

Kalau memang keberadaan bangunan liar sangat mengganggu untuk perairan, nantinya ada suatu mungkin kompensasi, atau mungkin bantuan dari desa dan sebagianya itupun kedepan menjadi PR kita. Saluran ini dibutuhkan warga, namun adanya bangunan mengganggu dan menjadi persoalan. Harus ada win-win solusion, dan tidak boleh menekan kepada masyarakat, tandasnya.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved