Minggu, 11 Desember 2022

Torehkan Beberapa Prestasi & Inovasi Di Tahun 2022, Dinas Perhubungan Kota Bogor Mencanangkan program panca tertib

Torehkan Beberapa Prestasi & Inovasi Di Tahun 2022, Dinas Perhubungan Kota Bogor Mencanangkan program panca tertib

Kota Bogor, (Realita.co.id) - Dinas Perhubungan Kota Bogor di bawah pimpinan H. Eko Prabowo atau yang dikenal dengan sebutan Danjen mencanangkan program panca tertib yaitu tertib diri, tertib administrasi, tertib lingkungan, tertib asset dan tertib jejaring.

Di tahun 2022 ada beberapa prestasi dan inovasi yang ditorehkan, yaitu;

Program kinerja Bidang Sarpras yaitu peningkatan pelayanan aplikasi SIMAPANGERAN dengan upgrading aplikasi E-KIR yang dapat membantu pemilik kendaraan umum atau angkutan barang untuk memberikan kemudahan dalam proses pemeriksaan serta proses administrasi seputar pengujian kendaraan bermotor. Pemeliharaan dan peremajaan fasilitas umum secara berkala juga terus dilakukan. Dishub Kota Bogor dan pihak swasta (private sector) sedang membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di dua titik ruas jalan, yakni Jln Padjajaran (depan Masjid Raya) dan Simpang Wr. Jambu.


Disamping itu di tahun 2022, Seksi Alat Penerangan Jalan telah memasang 6841 titik lampu PJU yang terdapat di Jalan Gang sebanyak 6.543 tersebar di 6 Kecamatan Kota Bogor, Di Jl Lingkungan Pemukiman sebanyak 220 tersebar di 6 Kecamatan Kota Bogor dan Jl Utama sebanyak 78 di Jalan Kolonel Ahmad Syam (jalan R3) yang menjadi salah satu prioritas dimana pada ruas jalan ini telah beroperasi angkutan umum massal BTS, serta pengembangan pembangunan wilayah pada sekitar lokasi tersebut.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberikan bantuan Bahan Bakar Minyak (BBM) senilai Rp600 ribu bagi sopir angkot dan ojek online (ojol). Bantuan BLT BBM di Bogor itu diperuntukan bagi 2.341 penerima manfaat, dengan rincian 1.341 sopir angkot dan 1.000 sopir Ojol ber-KTP Kota Bogor.


Dalam rangkaian Hari Perhubungan Nasional Tingkat Kota Bogor 2022, telah dilaksanakan penandatanganan berita acara ex angkot oleh Ketua Kompepar sebagai angkutan wisata yang disaksikan oleh Walikota Bogor. Ini adalah bentuk dukungan Dinas Perhubungan Kota Bogor untuk kemajuan wisata di Kota Bogor.


Pelaksanaan Kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Ojek Online (WASDAL OJOL), pemantauan operasional di ruang public serta memberikan pengarahan, sosialisasi terkait kawasan bebas Ojek Online di Jl. Pajajaran - Jl.Otto Iskandar Dinata, Jl. Ir. H. Juanda - Jl. Jalak Harupat dan Jl. Kapt. Muslihat - Jl. Paledang. Selain itu, untuk membangun kesadaran dan ketertiban dalam berlalu-lintas sejak dini, Dishub Kota Bogor melakukan Sosialisasi DARTIBLANTAS kepada siswa-siswi tingkat SMP - SMA/SMK Se-Kota Bogor.


Adapun Sosialisasi Pengembangan 2 Koridor Transpakuan dan 6 Trayek Angkutan Perkotaan Dengan Skema Buy The Service (BTS). Pada tahun 2023 target jumlah kendaraan Angkutan Perkotaan yang beroperasi Di Kota Bogor (Tidak termasuk Biskita) adalah 1.012 Unit Dan diusulkan untuk melakukan penambahan sebanyak 281 unit kendaraan Angkutan Perkotaan yang di konversikan kedalam armada Biskita sebanyak 28 unit dan 98 Angkutan konversi 2:1 untuk memenuhi Kebutuhan demand pada tahun 2023.


Selain sosialisasi untuk meningkatkan wawasan Badan Hukum terhadap rencana pengembangan Angkutan Perkotaan dengan Skema BTS, dilaksanakan juga Tugas Kunjungan Kerja antara Dinas Perhubungan Kota Bogor Bersama Badan Hukum ke Kota Solo.


Wasdal gatur lalin dalam rangka peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi terus ditingkatkan. Salah satu bentuk upayanya adalah pembentukan tim Unit Reaksi Cepat yaitu Tim Best 54. Tim Best 54 bertugas dalam penertiban serta pencegahan terhadap pelanggaran Perda yang bersinergi dengan tupoksi Dinas Perhubungan Kota Bogor, dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman pengguna jalan. Pada peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2022 tingkat Provinsi Jawa Barat yang diadakan di Sukabumi, Jawa Barat, Tim Best 54 menerima pernghargaan sebagai Tim URC terbaik se-Jawa Barat.


Sumber : Bnws Dshb kota bgr
Editor : Adw

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved