Selasa, 17 Januari 2023

Camat Tanggulangin Sidak Rumah Pompa Atasi Banjir

Camat Tanggulangin Sidak Rumah Pompa Atasi Banjir

Camat Tanggulangin Sabino Mariano (Baju coklat) Bersama Polsek Tanggulangin, Koramil, Meninjau Rumah Pompa

Sidoarjo, Realita.co.id - Camat Tanggulangin Sabino Mariano melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak), bersama Polsek , Koramil meninjau langsung proses pengerjaan pada rumah pompa di dua titik. Yaitu dikawasan Desa Kedungbanteng, dan di Desa Banjarpanji, yang kondisinya hampir selesai (finishing). Selain melakukan pengecekkan kondisi rumah pompa, dilokasi juga melakukan peninjauan pada saluran disepanjang sungai yang dianggap rawan banjir, Selasa (17/01/2023) kemarin siang. 

Menurut Rifal (30) warga Desa Penatarsewu mengatakan adanya pembangunan rumah pompa, sangatlah bermanfaat sekali. Sebab diarea empat desa, langsung berdekatan dengan lahan tambak,  saluran sungai Kalialo, yang menuju laut.  " Alhamdulillah, beberapa hari dengan curah hujan tinggi. Air sungai maupun air hujan dapat teratasi, dan tidak meluber kejalan maupun kerumah warga." ujarnya.


Sementar Camat Tanggulangin Sabino Mariano menjelaskan rumah-rumah pompa yang ada dikawasan empat Desa, yakni di Desa Kedungbanteng, Desa Banjarpanji, Desa Penatarsewu, Desa Banjarasri. Keempat rumah pompa itu, diantaranya sudah siap dioperasionalkan. dan segera fungsikan namun menunggu realisasi instalasi listrik, ucapnya 

Didalam rumah pompa, kata Sabino Mariano. Terdapat dua unit mesin pompa, masing-masing berkapasitas 1 kubik per-detik dan bekapasitas 250 liter perdetik bahkan ada yang bekapasitas 500 liter per-detik. Diharapkan adanya mesin-mesin pompa ini, di wilayah Kecamatan Tanggulangin terbebas dari banjir. Sebab saat ini kondisi curah hujan cukup tinggi, dengan cuaca tidak menentu. Sehingga dapat mampu  menampung dibet volume air atau minimal mengurangi volume dibet air, terangnya.

Tidak dipungkiri, disepenjang saluran sungai masih banyak sampah, tanaman kangkung dan enceng gondok. " saya kira hal itu seperti sampah, kangkung dan enceng gondok dapat ditangani,  segera dilakukan pembersihan agar aliran air berjalan normal kembali, " pungkasnya.

(Samsul/A -6)

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved