Jumat, 20 Januari 2023

Carut Marut Pilkades Sinar Sekampung Terus Menjadi Sorotan Publik, Kuat Dugaan Ada Intervensi Terhadap Panitia

Carut Marut Pilkades Sinar Sekampung Terus Menjadi Sorotan Publik, Kuat Dugaan Ada Intervensi Terhadap Panitia

Yg
Arpin S.Pd, MM selaku Kadis DPMD (Sekretaris Pilkades)

Tanggamus, (Realita.co.id) - Carut marutnya pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) atau pemilihan Kepala Pekon ( pilkakon ) di pekon Sinar Sekampung kecamatan Air Naningan Tanggamus PT Lampung di duga akibat dari lemahnya penegakan peraturan daerah (PERDA) dan peraturan bupati  ( PERBUP )  tentang pemilihan kepala Pekon (PILKAKON).

Masalah yang terus menjadi perbincangan adalah merupakan Buntut dari panitia pilkakon tidak melaksanakan tugasnya  sesuai dengan Perda dan perbup yang ada. Dugaan awal yang menjadi akibat timbulnya polemik dalam masyarakat di wilayah ini. Dan kini menjadi perhatian banyak pihak terutama  elemen elemen  masyarakat yang ada di kabupaten Tanggamus .

Sangat wajar jika masyarakat menduga jika panitia pilkakon  di pekon Sinarsekampung baik di tingkat pekon hingga ke tingkat kabupaten di duga keras tidak netral penuh dengan interpensi dari oknum pejabat  terhadap mekanisme pelaksanaan pilkakon di Sinarsekampung.

Kuatnya  dugaan adanya  interpensi dari oknum pejabat publik  dan oknum  pejabat  ASN terbukti dari ucapan ketua panitia pilkakon tingkat pekon  Ardin kepada awak media . Dia mengatakan jika  setelah setelah penghitungan dengan hasil DRAW  maka panitia akan melakukan penghitungan berdasarkan wilayah terluas sebagaimana yang di atur di dalam perbup, * sebenarnya calon 04 Erwin yang tidak mau jika berdasarkan wilayah terluas ..saya tidak mau kalau mau di hitung  berdasarkan wilayah terluas. Lebih baik kami pulang saja karna pasti kalah " ujar Ardin menirukan ucapan calon 04 .

Di duga akibat interpensi dari oknum oknum pejabat akhirnya panitia melakukan hitung yang awalnya DRAW menjadi selisih 1 untuk kemenangan calon 04, tentunya  apa yang di lakukan atau di laksanakan oleh panitia ini tidak sesuai dengan Perda dan perbup tahun 2022 tentang PILKAKON.

Yang Lebih mencengangkan publik, adalah keterangan yang di sampaikan oleh Arpin SPD.MM. selaku kepala dinas PMD kabupaten Tanggamus dan sebagai sekretaris panitia pilkakon tingkat kabupaten , ketika di temui di ruang kerjanya ( 19 Januari ) kepada awak media Arpin mengatakan jika hasil penghitungan suara di pekon Sinarsekampung tidak ada DRAW ". Jadi yang namanya DRAW  ketika di hitung ulang. Bahkan mau seratus kali pun ya tetap DRAW,  tapi jika begitu di hitung ulang ada selisih logika nya ya tidak ada DRAW" kan begitu katanya , namun ketika awak media menanyakan apa alasannya di lakukan hitung ulang jika tidak DRAW, arpin tidak bisa menjawab dengan jelas , dan justru  jawaban yang di luar dugaan yang di sampaikan ke awak media " kami tidak pernah menerima berita acara draw yang kami terima dari panitia pekon  adalah hasilnya yang menerangkan Erwinsyah sebagai pemenang pilkakon di sinar sekampung, Jadi karna sekarang persoalan ini sudah di ranah PTUN. Ya kita tunggu saja hasilnya " ujarnya yang terkesan melemparkan persoalan ini kepada PTUN.

( Sunaidi  Tanggamus)

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved