Selasa, 10 Januari 2023

Dedie Rachim Ajak Alumni IPB University Tingkatkan IPM

Dedie Rachim Ajak Alumni IPB University Tingkatkan IPM


Realita.co.id, - Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengajak alumni IPB University, khususnya alumni sekolah vokasi IPB untuk berkontribusi dalam usaha Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meningkatkan pembangunan manusia guna mewujudkan misi dan visi sebagai kota yang ramah bagi keluarga. 

"Harapannya dengan alumni sekolah vokasi IPB yang jumlahnya kurang lebih 53 ribu bisa berkontribusi bagi pembangunan di Kota Bogor. Artinya jika bicara pembangunan, tantangan yang luar biasa adalah pembangunan manusia Kota Bogor. Keberadaan IPB kami berharap dengan kajian atau apapun juga yang betul-betul membantu Kota Bogor untuk bisa keluar dari permasalahan-permasalahan ekonomi, sosial, politik dan sebagainya," kata Dedie saat Dialog Publik Musyawarah Komisariat Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB di Amaris Hotel Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (7/1/2023). 

Kata Dedie, pembangunan manusia berkaitan erat dengan pendidikan. Data IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Bogor berada di posisi keempat di Jawa Barat, di bawah Kota Bandung, Kota Bekasi dan Kota Depok. 

Dari ketiganya, hanya Kota Bekasi yang tidak memiliki perguruan tinggi sekaliber IPB, ITB atau UI. 

"Angka rata-rata lama pendidikan anak di Kota Bogor baru 10,5 tahun, belum mencapai 12 tahun dan hal tersebut berpengaruh pada persoalan lain yakni stunting," sebutnya.

Selain pendidikan, Dedie juga mengajak untuk berkontribusi dalam mendorong warga Kota Bogor menjadi wirausahawan dengan semangat entrepreneurship  yang tinggi, sehingga berdampak pada ekonomi di Kota Bogor sebagai salah satu upaya Kota Bogor dalam mengantisipasi perpindahan ibu kota negara. 

Hal lain yang diungkapkan Dedie adalah adanya beberapa proyeksi strategis nasional di Kota Bogor. 

"Dengan perkembangan ke depan, salah satunya perpindahan ibu kota negara, kita ingin para alumni bersama Pemkot Bogor memikirkan dan berupaya untuk memproyeksikan serta menjadikan Kota Bogor sebagai kota wisata. Salah satu destinasi yang sudah Kota Bogor lakukan yang lokasinya tidak jauh dari IPB University adalah Situ Gede. Perkembangan Kota Bogor dengan keberadaan dan suara IPB tentu akan menjadikan semuanya paham dan mampu mengendalikan hal-hal yang akan terjadi pasca perpindahan ibu kota," ujar Dedie. 

Diakhir Dedie mendoakan para alumni sekolah vokasi IPB tidak hanya mampu bekerja, tetapi juga mampu menjadi wirausahawan unggul sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kota Bogor dan umum. 

Pemkot Bogor secara terbuka menerima masukan, saran dan kritik agar ke depan Kota Bogor menjadi lebih baik. 

Kegiatan dialog dihadiri Ketua Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB, Fathan Kamil, Wakil Dekan SKP SV-IPB, Wawan Oktariza, calon ketua umum dan sekjen Himpunan Alumni Sekolah Vokasi IPB 2022-2026, Fhosya Apriando dan Septian J. Wijaya.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved