Senin, 16 Januari 2023

DPRD Kota Bogor Apresiasi Kinerja Pemkot di Tahun 2022

DPRD Kota Bogor Apresiasi Kinerja Pemkot di Tahun 2022


Realita.co.id,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di tahun 2022 yang juga didukung oleh masyarakat dari berbagai elemen dan organisasi.

"Kinerja yang luar biasa ditandai dengan indikator yang sangat memuaskan," kata Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto saat menghadiri Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Kecamatan Bogor Utara di saung Dolken, Senin (16/1/2023).

Indikator kepuasan tersebut lanjut Atang diantaranya adalah peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD, pertumbuhan ekonomi, pengendalian inflasi dan berbagai indikator lainnya yang menunjukan itu adalah hasil kerja keras dari semua pihak.

Capaian itu ditunjukan dalam ketepatan pada perencanaan, administrasi maupun pelaporan.

"Alhamdulillah kami di DPRD tidak harus mengingatkan secara berkali-kali, karena dokumen SKPD, dokumen LPLS, Dokumen RAPBD semua dikerjakan tepat waktu diawal," kata Atang.

Sehingga lanjutnya, DPRD bisa melakukan pembahasan tepat waktu dan Kota Bogor menjadi kota yang luar biasa di Jawa Barat.

Usulan kelurahan yang merupakan turunan dari RPJMD merupakan suatu langkah yang baik.

Untuk itu kata Atang, ke depan yang harus menjadi sandaran untuk program pembangunan wilayah yakni mengalokasikan usulan kelurahan yang sudah berkali-kali diusulkan untuk juga mendapat prioritas.

Selanjutnya selain infrastruktur kata Atang, pekerjaan yang cukup besar adalah membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan peningkatan ekonomi.

Senada dengan Ketua DPRD Kota Bogor, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan ditahun 2023 program RPJMD dan program prioritas harus terus dikawal untuk direalisasikan.

Ada tiga poin yang ditekankan dalam visi misi yakni Infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) dan reformasi birokrasi.

Infrastruktur yang kondisinya darurat perlu perbaikan harus jadi prioritas untuk segera diperbaiki, termasuk lokasi rawan bencana yang memerlukan relokasi.

"Untuk potensi pembangunan wilayah, cita-cita saya dan pak wakil itu Bogor terhubung seluruh penjurunya melalui pedestrian. Ini sudah mulai tahun ini, dilanjut mulai dari Taman corat-coret sampai ke arah Jambu Dua. Ini luar biasa akan membangkitkan perekonomian karena membuat nyaman sudah ada kajian-kajiannya," ujarnya.

Dari sisi pembangunan SDM, Bima Arya mengakui bahwa usulan dari Musrembang lebih besar kepada pembangunan infrastruktur.

Namun kata Bima Arya, saat ini Pemkot juga terus melakukan upaya membangun SDM dengan pengentasan ODF dan stunting.

Selain itu, dalam membangun manusia juga Pemkot terus berupaya konsisten untuk terus peduli terhadap disabilitas, perempuan dan anak.

"Selanjutnya setelah infrastruktur dan SDM adalah reformasi birokrasi. Ya kita ingin agar pelayanan dari tingkat kelurahan meningkat dan terus membaik," katanya.

Di lokasi yang sama, Camat Bogor Utara, Riki Robiansyah melaporkan kegiatan kegiatan yang sudah tercapai dan dikerjakan tahun 2022 di wilayah Kecamatan Bogor Utara.

Diantaranya 100 lebih intervensi pengentasan ODF bersama dinas PUPR, Dinas Permukiman, Dinas LH dan CSR pihak swasta dan kesadaran masyarakat.

Selanjutnya Sarpras di kelurahan, penanganan banjir, pembangunan drainase, TPT, jalan setapak, pedestrian dan kegiatan teknis lainya oleh dinas terkait yang juga didukung oleh DPRD.

Selanjutnya adalah intervensi RTLH yang pada tahun 2022 sudah tercapai 498 RTLH diperbaiki di wilayah Kecamatan Bogor Utara.

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved