Minggu, 22 Januari 2023

Ramainya Berita Dugaan Penyalahgunaan Anggaran TA 2022, KSM Desa Sumber Mulya Bungkam Tanpa Klarifikasi, Ada apa?

Ramainya Berita Dugaan Penyalahgunaan Anggaran TA 2022, KSM Desa Sumber Mulya Bungkam Tanpa Klarifikasi, Ada apa?


TANGGAMUS, Realita.co.id - Ketua kelompok Swadaya masyarakat (KSM) imam Supriyadi , pekon (Desa) Sumber Mulya Kecamatan Pulau Panggung Tanggamus Lampung. Saat mau di mintak hak jawabnya terkait pemberitaan yang sudah beredar di media online terkait program pengelolaan KSM Dinas PUPR DAK. T.A 2022, ia selalu menghindar. Seakan ada sesuatu mencurigakan.

setelah itu awak media realita menuju balai pekon Sumber Mulya pada hari Minggu 22 Januari 2023 disana kebetulan ada Jaka Rahman selaku Sekdes Sumber Mulya, setelah di konfirmasi awak media mempertanyakan di mana keberadaan sekdes imam?

Jaka Rahman menjelaskan saya tidak tau, kalau masalah imam ia Udah lama mengundurkan diri selalu sekdes. untuk sekarang saya sekdesnya", Ujar Jaka.

Kami pun sempat mempertanyakan ada berapa titik untuk bangunan yang ada di pekon Sumber Mulya, Jaka menjelaskan "saya tidak tau karena waktu itu saya belum jadi sekdes," Pungkasnya Jaka.

Kemudian awak media menuju kediaman Supardi selaku kepala Pekon Sumber Mulya Setelah sampai di kediamannya, ternyata Supardi tidak ada di rumah. kemudian kami mencoba komunikasi lewat whatsapp WA, Supardi menjelaskan kalau ia tidak tau menahu mengenai bangunan itu,

"Pada saat itu yang menangani program kegiatan bangun tersebut, waktu menjabat ( PJ ) adalah Cikmah. Laporan bangun tersebut pun saya tidak tau jelas karena belum ada pemberitahuan begitu jelas kepada saya", tutur Supardi.

Didalam pelaksanaan kegiatan ini wajar diduga ada suatu penyimpangan didalam pelaksanaan program kegiatan tersebut, adapun dalam kegiatan pelaksanaan tidak sesuai dengan spek, yang ada antara lain nomenklatur banyak yang tidak di pasang, manhole septic tank juga tidak ada. Pipa penguapan seharusnya 2 inc, ternyata yang dipasang ukuran 1 inc, tutup pencegah air hujan masuk kedalam septeng tersebut juga tidak ada.

Dalam pembuatan Bilik dan speed typing. terlalu Mark up, anggaran sekilas dalam padangan pembuatan Bilik speed typing tidak sesuai dengan spek yang ada.

Banyaknya temuan ketimpangan bangunan yang diduga asal jadi, baik dari pembuatan bilik dan speed typing. Maka wajar jika disinyalir adanya ajang korupsi.

Anggaran dana untuk UDF di pekon Sumber Mulya terbilang sangatlah fantatis, yang sumber Dana dari provinsi Lampung.

Didalam hal ini bukan hanya pekon Sumber Mulya yang disinyalir bermasalah. Bahkan pekon kemuning juga Kuat diduga banyak kejanggalan - kejanggalan dalam pelaksanaan pembangunan yang dilakukan oleh ketua KSM Tono.

MAULANI

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved