Minggu, 01 Januari 2023

Turunkan Penumpang Bukan Pada Lokasi Tujuan, YD Akan Melaporkan Ke Dishub Jatim*

Turunkan Penumpang Bukan Pada Lokasi Tujuan, YD Akan Melaporkan Ke Dishub Jatim*


Realita.co.id - Berawal saat Yadi (YD) penumpang BUS EKA jurusan Surabaya-Yogyakarta, saat coba menanyakan kepada Crew Bus EKA terkait jurusannya pihak Crew menyatakan bahwa Bus ini jurusan Yogyakarta.  

Namun Ternyata pertengahan perjalanan saat sudahmasuk tol mojokerto kondektur nagih uang tarif karcis tiba-tiba saudara Yd kaget melihat karcis yang di coret turun di solo lalu saudara Yd tanya ke kondektur pak saya turun terminal Yogyakarta  kondektur jawab bus ini kalau Bus jurusan  Semarang. Yd pun kaget kenapa tidak ada pemberi tauan sebelumnya coba sebelum berangkat kasi tau 

Parahnya lagi, menurut keterangan YD bahwa sebetulnya bukan dia saja yang dirugikan dengan tindakan Bus, bahkan sebagian penumpang juga diturunkan ditempat yang bukan semestinya.

Menurut kesaksian saudara YD, dia turun dari bus Akas jurusan Madura malang niatnya pindah bus ingin naik bus Eka yang jurusan Surabaya-Yogyakarta malah di alihkan ke bus Eka jurusan Surabaya Semarang kebetulan bus yang parkir di tempat bus jurusan Surabaya Yogyakarta adalah bus Eka jurusan Surabaya-Semarang dengan adanya insiden ini Hariyadi berharap kepada Oto Bus menindak kondiktur yang nakal.
 
Saat bersamaan, YD juga menemukan penumpang di turunkan tidak semestinya. Tanpa tau tujuan penumpang, kernek dan kondektur malah naikkan penumpang. 

Kejadian serupa juga dialami oleh penumpang pada Bus yang sama ditumpangi Haryadi, yaitu Bapak Timan.

Dari pengakuan bapak Timan bahwa di juga diturunkan di dekat Lampu Merah Sragen.
"Padahal lokasi saya masih jauh dan harus naik ojek perkiraan ongkos Ojek 60 ribuan," ungkap Bapak Timan dengan nada sedih.

Tidak cukup disitu ada satu orang penumpang lagi yang juga diturunkan bukan pada tempat dan tujuannya. Penumpang jurusan Kertosono juga di turunkan di lampu merah tidak masuk terminal.  Dia diturunkan bukan di terminal. Penumpang di turunkan keluar pintu tol langsung masuk tol lagi. 

YD berinisiatif melaporkan tindak oknum Kondektur dan Kernek Bus Eka. Saat di hubungi via WhatsApp ke layanan pengaduan Bus Eka. Dalam percapakan tersebut, pihak Customer Service BUS EKA berjanji akan menindaklanjuti keluhan pelanggan.

YD akan menunggu konfirmasi dari management Bus, untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut terkait insiden ini.

Karena hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 143 yang menyebutkan bahwa angkutan orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam trayek (bus umum) wajib menaikkan atau menurunkan penumpang di Terminal.

Sesuai aturan dalam PP Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengemudi angkutan umum yang terbukti menaikkan atau menurunkan penumpang tidak pada tempatnya akan diberikan sanksi tilang.
Hingga berita ini di tayangkan belum ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak management Bus Eka.

Reporter : Hori/Yadi

Baca Fakta Terbaru

Baca Juga Kabar Fakta

© Copyright 2021 Realita | All Right Reserved